Buka Fakultas Kedokteran, UTS dan RSMA Teken MoU

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka merealisasikan rencana membuka Fakultas Kedokteran, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mengandeng Rumah Sakit H. Lalu Manambai AbdulKadir (RSMA).

Hal tersebut dibuktikan dengan penandatangan nota kesepahaman atau MoU yang dilakukan di ruang pertemuan RSMA, Selasa (28/08/2018), kemudian disaksikan langsung oleh Gubernur NTB terpilih Dr. Zulkieflimansyah.

Direktur Pasca Sarjana UTS, Dr. Arif Budi Witarto mengatakan, kerjasama dengan RSMA yang baru saja dilakukan tersebut, adalah sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan ijin membuka Fakultas Kedokteran di UTS.

Kemudian lanjutnya, RSMA akan menjadi tempat praktik bagi seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran UTS, sehingga mengefisienkan biaya pendidikan kedokteran bagi anak-anak Sumbawa.

Baca juga:  IND 2024, PPNI Apresiasi Dedikasi Perawat di KSB

“adanya kerjasama ini maka tipe rumah sakit ini harus ditingkatkan menjadi tipe B. Jadi kita memilih RSMA, karena kita ingin Fakultas kedokteran ini diisi oleh mahasiswa dari Sumbawa, sehingga biaya pendidikan lebih terjangkau,” katanya.

Menurutnya, jika ini menjadi program gubernur, maka tipe RSMA harus ditingkatkan dari tipe C menjadi tipe B. Dengan tipe B, berarti layanan kepada masyarakat semakin luas. Dalam artian dokter spesialis semakin banyak, termasuk fasilitas yang semakin lengkap. Bahkan tidak menutup kemungkinan RSMA ke depannya akan menjadi rujukan nasional.

“syaratnya jika rumah sakit ini sudah punya misi untuk melakukan penelitian. Jadi kalau untuk pelayanan saja, maka levelnya Cuma daerah. Tapi Tapi kalau ada penelitiannya, maka bisa menjadi rujukan nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Baca juga:  IND 2024, PPNI Apresiasi Dedikasi Perawat di KSB

Sementara itu, Direktur RSMA dr. Syamsul Hidayat, mengatakan, kerjasama ini akan menjadi penyemangat bagi jajaran RSMA untuk mendatangkan sumber daya manusia, terutama dokter spesialis.

“Jadi, semoga ini bisa menjadi salah satu hal prioritas bapak gubernur terpilih dalam program seratus hari beliau. Sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, rumah sakit ini bisa menjadi tipe B,” harapnya.

Gubernur NTB terpilih Dr. Zulkieflimansyah mengatakan, ia akan mendukung RSMA, Ia juga akan berupaya untuk menugaskan kelebihan dokter yang ada di RSUP di Mataram ke RSMA. Sehingga pelayanan masyarakat semakin optimal. (KS/*).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

IND 2024, PPNI Apresiasi Dedikasi Perawat di KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - International Nurses Day (IND) atau...

239 Kasus DBD Terjadi di Sumbawa Dominasi Anak Usia Sekolah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

Kabupaten Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...