PUPR Sumbawa Gandeng Semen Gresik Sertifikasi Pekerja Konstruksi

Date:

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sumbawa menggandeng PT.Semen Gresik untuk memberikan pelatihan kepada pekerja konstruksi di Kabupaten Sumbawa, dari 28 hingga 30 November  2017. Pelatihan tersebut, merupakan langkah agar pekerja konsruksi bersertifikasi untuk memiliki kualifikasi standart pekerja konstruksi standart nasional.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi dalam sambutan pembukaan pelatihan menyampaikan terima kasih kepada PT. Semen Gresik yang telah bersedia bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa, guna membantu terselenggaranya kegiatan pelatihan dan sertifikasi tenaga terampil konstruksi bagi tenaga tukang bangunan gedung umum di Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2017.

“Output dari acara tersebut sangat mendukung pembangunan infrastruktur yang berkualitas di Tana Samawa,” katanya, juga menambahkan, profesi tukang atau pekerja konstruksi merupakan yang dibutuhkan masyarakat.

pur sumbawaSebelumnya Kepala Biro Penjualan Wilayah IV Semen Gresik, Oggy Sedyobasuki menjelaskan, pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi selama tiga hari ini merupakan apresiasi Semen Gresik kepada para tukang bangunan. Kegiatan ini sangat penting karena dapat meningkatkan daya saing mereka untuk memperoleh pekerjaan yang baik dan berkelanjutan,” jelasnya.

Ditegaskan, dengan berbekal sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh Lembaga Penyedia Jasa Konstruksi (LPJK) yang digandeng PT Semen Gresik, kompentensi tukang bangunan akan lebih dihargai. Sehingga diharapkan memberikan kemudahan untuk memperoleh pekerjaan, bahkan untuk bekerja di proyek skala besar sekalipun. Terlebih, pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) juga akan mengancam mata pencaharian para tukang bangunan lokal bila mereka tidak dibekali dengan kompetensi dan sertifikasi.

Baca juga:  Bupati Kukuhkan 914 Anggota BPD Perpanjangan Masa Jabatan

Diungkapkan, pelatihan merupakan kegiatan pertema kali di gelar di NTB. Namun secara keseluruhan, pelatihan serupa telah dilakukan diberbagai daerah di Indonesia sejak 10 tahun lalu. Dan dari kegiatan tersebut, diperkirakan 6.721 tukang bangunan telah bersertifikat.

“Melalui berbagai program pengelolaan komunitas tukang sejak tahun 2006, sampai dengan saat ini kami mampu memperoleh anggota komunitas tukang sebesar 18.873 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, dan sebanyak 6.721 di antaranya telah tersertifikasi”, ucapnya, juga menegaskan komitmen untuk berperan dalam proses pembangunan di Kabupaten Sumbawa.

Ditegaskan, untuk meningkatkan kompetensi tukang secara berkelanjutan, PT Semen Gresik telah menyiapkan sebuah portal terpadu berbasis digital bagi para tukang yang bernama jagobangunan.com. Melalui portal tersebut, pekerja konstruksi dapat mengasah kemampuan dan memperkaya pengetahuan di bidang konstruksi secara mandiri. Berbagai artikel dan tips esensial seputar dunia konstruksi dan bangunan telah disiapkan PT Semen Gresik pada portal tersebut. Selain itu, bila tukang mengalami kesulitan di pekerjaannya, mereka pun dapat berkonsultasi terkait konstruksi ataupun desain bangunan melalui fitur Tanya Pak Jago, yang merupakan call center bebas pulsa yang disediakan PT Semen Gresik khusus untuk tukang bangunan.

Baca juga:  Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

PT Semen Gresik mampu mendominasi pasar Sumbawa dengan penguasaan pasar sebesar 60% dan mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 16% pada kuartal III 2017 relatif terhadap periode yang sama tahun lalu. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan loyalitas para masyarakat Sumbawa sehingga Semen Gresik dapat menjadi produk semen pilihan utama di Sumbawa”, tuturnya.

Pelatihan dan Sertifikasi Tukang Bangunan yang bertempat di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, PLH Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Sumbawa, Staf Ahli Bupati Bidang Smber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) Provinsi NTB, Kepala Biro Penjualan Wilayah IV, Kepala Dinas PU-PR Kab. Sumbawa, para Camat dan 130 tukang bangunan. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Sumbawa Besar, Besar, Kabarsumbawa.com - Penanganan ruas Simpang Jalan...

Berikut Hasil Pengawasan Periode ke-3 Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten...