Awasi Penggunaan ADD, Kejaksaan Panggil Kades Dan BPD

Date:

kasi intel kejaksaan sumbawa
Erwin Indrapraja, SH., MH
Kasi Inteljen Kejaksaan Negeri Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa akan memanggil para Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terkait pengawasan penggunaan ADD (Alokasi Dana Desa). Proses pengawasan tersebut dilakukan sejak dana desa tersebut ditransfer oleh pemerintah daerah ke masing-masing rekening desa.

Kasi Intel Kejari Sumbawa, Erwin Indpraja, SH.,MH, Senin (14/11/2016) mengatakan, monitoring atau pengawasan yang dilakukan itu menyangkut apakah penggunaannya sudah sesuai dengan aturan atau tidak, sebab dana yang dialokasikan kepada desa sangat besar. Sehingga jika tidak dilakukan pengawasan secara detail, maka dikhawatirkan terjadi penyimpangan dalam hal menggunakan Dana Desa tersebut.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Bahkan terkait hal ini, kata Erwin, pihaknya telah membahas perihal dana desa tersebut dengan Inspektorat Kabupaten Sumbawa dan BPM PD untuk membentuk tim pemantau Dana Desa. Tim tersebut nantinya akan langsung turun ke lapangan untuk mengawasi penggunaan ADD (Alokasi Dana Desa) yang dikucurkan tersebut.

Ditambahkan, adanya program Kapolres Sumbawa dengan memfungsikan peran para Bhabinkamtibmas dalam pengawasan dana desa dinilainya sangat membantu dalam pengawasan. Karena semakin banyak yang mengawasi, maka penggunaannya akan semakin sesuai aturan.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

“Nanti kalau seperti itu, kita juga akan melibatkan Polres bersama-sama untuk pengawasan. Dalam hal ini kita tegas. Kalau misalnya Dana Desa itu terjadi penyelewengan atau tidak sesuai aturan akan kami tindak,” tegas Erwin.

Dalam hal pemantauan, pihaknya melihat terkadang dalam pengelolaan dana desa, antara Kades dan BPD tidak sinkron. Harusnya Kades melepas persoalan politik desa untuk membangun desanya. Karena BPD sifatnya pengawasan.

“Jangan sampai BPD hanya menandatangani tanpa mengetahui apa yang ditandatangani. Jangan sampai gara-gara tandatangan malah masuk bui,” tandasnya. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...