Pengurusan EKTP, Ketua Komisi I Minta Dukcapil Jemput Bola

Date:

syamsul fikri
Syamsul Fikri AR, SAg MSi
Ketua Komisi I DPRD Sumbawa

Kabarsumbawa.com, Sumbawa Besar — Ketua Komisi I DPRD Sumbawa  menyoroti Surat Edaran permakluman  yang di keluarkan oleh Dinas Dukcapil, bahwa mulai tanggal 1 Juni 2016, dimana pengurusan dan pengambilan KTP Elektronik (E-KTP)) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus melalui Proses aktifasi (pemadanan sidik jari) oleh pemilik dan tidak bisa diwakili. “Boleh saja ini diberlakukan, namun perlu ada pengecualian bagi penduduk di wilayah terpencil, yang seharusnya Dukcapil sendiri yang melakukan langkah jemput bola,” ujar Ketua Komisi I DPRD Sumbawa.

Ketua Komisi I DPRD Sumbawa Syamsul Fikri AR, SAg MSi mengatakan, proses yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil sudah tepat dan benar, dalam hal ini Komisi I sangat mendukungnya, namun disatu sisi pihaknya juga menyayangkan, kondisi masyarakat yang berada di pelosok atau daerah terisolir. Jika di kenakan aturan tersebut. maka mereka harus mengeluarkan dana atau biaya ekstra dari desa mereka ke ibu kota kabupaten (Dinas Dukcapil) untuk mengurusnya.

Sehingga pihaknya berharap, agar Dinas Dukcapil punya trobosan baru melalui pola menjemput bola ke daerah–daerah yang masih terisolir seperti Kecamatan Orong Telu, Ropang, Batu Lanteh dan Desa yang terdapat di pulau-pulau kecil di Kabupaten Sumbawa. “Hal itu penting agar tidak membebani masyarakat serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai yang di harapkan, Komisi I juga siap membantu dan mendukung segala program Dinas Dukcapil, selama hal itu menyangkut kepentingan  masyarakat, bila perlu Mobil operasional pembuatan E-KTP ke Desa terpencil diadakan, “ tandas Fikri.(KS/YD)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...