Pasangan Jarot – Ansori Paling Berpeluang Memenangkan Pilkada Sumbawa 2024

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Sumbawa merilis hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) tentang Peta Elektoral Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbawa.

Rilis disampaikan oleh Ketua Penja Pilkada Gerindra Sumbawa Hilal Alamudy kepada awak media, Sabtu (06/07/2024) siang di sekretariat DPC Gerindra Sumbawa.

Hilal menjelaskan, survey dilakukan pada periode 19-24 Juni 2024 dengan jumlah sampel sebanyak 800 orang diambil menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) ±3.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. Sampel berasal dari seluruh kecamatan di Sumbawa yang terdistribusi secara proporsional.

Lanjutnya, dalam survei tersebut disimpulkan bahwa, kesadaran warga tentang akan diadakannya pemilihan langsung Bupati pada 27 November 2024 cukup tinggi, 62.3%. Pada simulasi Top Of Mind, Syarafuddin Jarot paling banyak disebut 47.9%, kemudian Dewi Noviany 10.8%, Sahril 8.7%, Mohamad Ansori 4.9%, dan Mahmud Abdullah 4.8%, nama lain jauh lebih rendah. Belum menentukan pilihan 49.1%.

Selanjutnya di simulasi semi terbuka 19 nama, Syarafuddin Jarot paling banyak dipilih 21.7%, kemudian Dewi Noviany 16.2%, Sahril 8.6%, Mahmud Abdullah 7.7%, dan Mohamad Ansori 6.7%, nama lain jauh lebih rendah. Belum menentukan pilihan 30.6%.

Baca juga:  21 Juli Pasangan Mo-BJS Diumumkan ke Publik

Kemudian, pada simulasi 11 nama hingga head to head, Syarafuddin Jarot memiliki dukungan yang paling tinggi dengan dukungan antara 22.5%-28.2%, kemudian Dewi Noviany dengan dukungan 16.9%-22.9%, Mahmud Abdullah dengan dukungan 7.6%-15.4%, dan Mohamad Ansori dengan dukungan 7%-11.3%, tergantung jumlah nama dan nama-nama yang di simulasikan.

Pada simulasi pasangan calon, paslon Syarafuddin Jarot Mohamad Ansori secara konsisten selalu lebih unggul dibanding pasangan lawannya, di berbagai simulasi. Hal ini konsisten dengan tinggal keunggulan Syarafuddin Jarot dalam simulasi satu nama calon bupati dan keunggulan Mohamad Ansori dalam simulasi satu nama calon wakil bupati. Penyebab keunggulan pasangan Syarafuddin Jarot dan Mohammad Ansori, setidaknya ada tiga faktor.

Pertama, tingkat akseptabilitasnya yang paling tinggi dibanding calon yang sudah populer seperti Dewi Noviany dan Mahmud Abdullah. Popularitas merupakan hal mendasar dalam politik elektoral, tidak mungkin dipilih jika tidak dikenal. Populer juga belum tentu dipilih jika ada calon lain yang lebih disukai. Oleh karena itu populer saja tidak cukup, citra personal calon juga harus positif.

Sementara ini, Dewi Noviany sudah dikenal 77.8% warga dan disukai oleh 58.2% dari yang mengenal namanya, Mahmud Abdullah dikenal 74.4% warga dan disukai 55% yang mengenalnya, Syarafuddin Jarot dikenal 56.7% warga dan disukai 70.9% yang mengenalnya, Mohamad Ansori dikenal 41.1% warga dan disukai 52.3% yang mengenalnya.

Baca juga:  Jelang Deklarasi, Musyafirin Bakar Semangat Relawan di Sumbawa

Kedua, nilai rata-rata citra personal Syarafuddin Jarot paling tinggi dibandingkan calon lainnya. Ketiga, tingkat kepuasan terhadap petahana tidak tinggi dan persentase yang menginginkan kembali petahana rendah.

Dengan demikian, pasangan Syarafuddin Jarot dan Mohamad Ansori untuk sementara ini adalah pasangan yang paling berpeluang memenangkan Pilkada Sumbawa.

Terkait hasil survey LSI tersebutkata Hilal, pihaknya akan terus berupaya menjaga elektabilitas pasangan ini. Bergerak di lapangan Bersama dengan kandidat bupati bersata partai pengusuk yakni Gerindra, Nasdem, PKB dan PSI.

“Jadi Langkah ini sudah kita langsung turun ke lapangan semua simpul-simpul itu kita perkuat, dan tim-tim. Termasuk besok kita ada konsolidasi seluruh tim pemenangan Jator – Ansori. Upaya ini dilakukan untuk lebih berpenetrasi dibawah agar Masyarakat yang masih kurang, bisa mengenal dan tahu pasangan ini. Tentu Upaya ini tidak ada lain untuk merebut hati rakyat sehingga dapat meningkatkan elektabilitas,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Jelang Deklarasi, Musyafirin Bakar Semangat Relawan di Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sumbawa Besar menjadi saksi semangat...

21 Juli Pasangan Mo-BJS Diumumkan ke Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pasangan bakal calon Bupati dan...

Dekatkan Pelayanan, Panwascam Brang Ene Buka Posko Kawal Hak Pilih di Desa-Desa

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam)...

Survei INRED, Elektabilitas Jarot – Ansori Tertinggi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bakal pasangan Bupati dan Wakil...