Hadiri Sedekah Zakat di Lebangkar, Sekda Dorong Pertahankan Tradisi Leluhur

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos., M.AP., menghadiri acara Sedekah Zakat yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Lebangkar, Kecamatan Ropang, Senin (03/06/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Nurul Hikmah itu, dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Sumbawa, Camat Ropang,Camat Lantung, Kepala Desa Lebangkar dan Tokoh Masayarakat.

Kepala Desa Lebangkar Ungang Abdullah mengatakan, tradisi ini adalah warisan budaya dari leluhur sejak pindah dari Dodo tahun 1935 lalu hingga sekarang.

“acara ini adalah kebanggaan kami karena kami pindah dari dodo sampai sekarang ada dua yang kami bawa yaitu, 1 persoalan tradisi sedekah, 2 bahasa kami yang tidak ada kesamaan dengan bahasa Sembawa sedikitpun,” jelasnya.

Baca juga:  Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

“Kalaupun ada itu sudah teradopsi makanya bahasa keseharian kami disini itu adalah bahasa khas kami jadi tidak ada yang berbahasa Sumbawa maupun bahasa indonesia. Hanya itu yang dapat kami pertahankan sampai sejarang yaitu sedekah Zakat dan bahasa kami,” tambahnya.

Kepala Desa lebangkar berharap kepada pemerintah agar infrastruktur jalan ini bisa sedikit diperhatikan, sehingga perekonomian masyarakat menjadi lancar. Mengingat Wilayah Selatan ini adalah sumber kekayaan Sumbawa pada umumnya karena dikelilingi oleh tambang.

Sekretaris Daerah menyampaikan, ini merupakan momentum kebersamaan untuk meningkatkan bagaimana rasa syukur dari warga masyarakat terhadap pemberian Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas hasil panen atas semua usaha, sehingga memberikan dampak yang luar biasa.

Baca juga:  Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Ia berharap, tradisi yang sejak tahun 1935 tetap dipertahankan oleh masyarakat Lebangkar dan menjadi sebuah prioritas utama untuk membangunnya menjadi lebih baik ke depan.

Terkait masalah infrastruktur lanjut Sekda, akan menjadi prioritas. Semua itu dapat terwujud tentu dengan berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di kecamatan di wilayah Selatan.

“besok kita akan melaksanakan rapat mengenai masalah pembangunan tersebut,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...