Pemkab Sumbawa Bersama Bulog Luncurkan Bantuan Pangan CBP Tahun 2024

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama Bulog meluncurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahun 2024. Kegiatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (31/01/2024) pagi tadi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah melepas secara resmi penyaluran secara simbolis kepada Penerima Bantuan Pangan (PBP) 8 kelurahan di Kecamatan Sumbawa.

Turut hadir mendampingi bupati, Asisten Perekonomian Pembangunan Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji, Kepala Dinas Pangan Sumbawa, Ir. Irin Wahyu Indarni, Pemimpin Cabang Bulog Sumbawa, Zuhri Hanafi, Waka Polres Sumbawa, Kompol. Iwan Sugiarto.

“Ini peluncuran tahun 2024 melanjutkan dari program 2023 sesuai instruksi presiden untuk kita laksanakan,” kata Pinca Bulog Sumbawa, Zuhri Hanafi, kepada wartawan usai kegiatan.

Dijelaskan, bantuan pangan CBP ini akan disalurkan selama 6 bulan, yang dibagi ke dalam 2 tahap penyaluran. Tahap I dilaksanakan pada bulan Januari – Maret. Kemudian, tahap II pada bulan April – Juni.

“Nanti penerima manfaat masing-masing menerima 10 kg per bulan. Total untuk Kabupaten Sumbawa berjumlah 49.581 orang PBP dengan total bantuan sebanyak 495.810 kg/bulan,” jelasnya.

Adapun sistem penyalurannya kata Zuhri, dari gudang bulog diangkut oleh transporter, lalu diantarkan ke titik distribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Sistem penyalurannya nanti diantar oleh transporter ke ke keluarahan san desa sesuai dengan titik sistribusi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dari gudang Bulog kemudian transporter mengantar ke titik distribusi, dan penerima manfaat langsung menerima beras,” terangnya.

Ditambahkan, untuk PBP ini telah dilakukan verifikasi data. Jika ada yang telah pindah alamat ataupun meningga dunia, maka bisa dilakukan pegantian penerima melalui musyawarah.

“Ditetapkan secara bersama oleh aparat desa setempat,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Kabarsumbawa.com - Selama periode arus mudik tanggal 25 Maret...

Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Guna menambah rasa aman dan nyaman...

Pertamina Patra Niaga Bersama BPH Migas dan ESDM Pastikan Kesiapan Energi Jelang Idulfitri di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memantau kesiapan dan kehandalan...

Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi Tetap Aman Pasca Gempa di Dompu

Dompu, Kabarsumbawa.com – Pasca Gempa Bumi bermagnitude 5,2 SR...