Puskesmas Unit II Sumbawa Dapat Status Pelayanan Tertib Terbaik dari Ombudsman

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bedasarkan rekapitulasi hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah daerah tahun 2023, UPT Puskesmas Unit II Sumbawa mendapatkan status pelayanan tertib terbaik.

“Alhamdulillah kami sudah dikunjungi oleh Tim Penilai dari Ombudsman pada bulan September 2023, dan bulan Desember kemarin hasil penilaiannya sudah keluar, kami mendapatkan skor 91,15,” kata Kepala UPT Puskesmas Unit II Sumbawa, Yunifan Aprilana, S.Tr.Kes, Jumat (05/01/2023) di ruang kerjanya.

Kepala UPT Puskesmas Unit II Sumbawa, Yunifan Aprilana, S.Tr.Kes

Dijelaskan, ada empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mewakili Kabupaten Sumbawa untuk dilakukan penilaian oleh Ombudsman. Antara lain, Dinas Sosial (Disos), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan (Dikes) dalam hal ini, Puskesmas Kecamatan Sumbawa Unit I dan II.

Baca juga:  Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Menurutnya, ada empat elemen penilaian yang dilakujan oleh Tim Ombudsman, yakni, dimensi imput terkait dengan terkait dengan kompetensi dari pelaksana dan sarana prasarana. Dimensi proses, dimana yang dinilai adalah standar kualitas pelayanan.

Kemudian, Dimensi output, yakni persepsi maladministrasi, hal berkiatan dengan standar pelayanan atau indeks kepuasan masyarakat. Terakhir, dimensi pengaduan, tim melihat pengaduan yang ada di puskesmas.

Baca juga:  Dinas Damkartan Sumbawa Latih Petugas Kesehatan Cara Padamkan Kebakaran

“Kita mendapatkan skor tertinggi dari 4 OPD yang ditunjuk mewakili Kabupaten Sumbawa untuk dilakukan penilaian,” ujarnya.

Adapun masukan dari Ombudsman tambahnya, agar dipertahankan dan bahkan lebih ditingkatkan lagi kualitas pelayanan yang ada. Mengingat, skor 91,15 tersebut, telah mendapatkan status pelayanan tertib terbaik.

“Mungkin ke depannya, karena kami sudah mencapai nilai itu, diharapkan untuk tetap mempertahankan. Itu yang menjadi tekad kami untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...

Progres Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Lampaui Target

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pembangunan Dermaga Apung Desa Labuhan...

Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan)...

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...