Wabup Sumbawa Nilai Kader Posyandu Berperan Penting dalam Percepatan Penanganan Stunting

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.Pd. M.Pd., menilai bahwa kader posyandu memiliki peran penting dalam upaya percepatan penanganan stunting di Kabupaten Sumbawa.

“Peran kader posyandu dalam penanganan stunting sangat penting. Di mana, sekerang harus telibat semua dalam rembuk stunting, salah satu yang terlibat adalah kader posyandu,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (08/11/2023) kemarin.

Menurutnya, peran kader posyadu dalam upaya pecegahan dan percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Sumbawa sangat penting. Dimana, saat ini, Kader Posyandu berkolaborasi dengan TP PKK untuk melakukan upayan tersebut.

Baca juga:  24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

“Saat ini Kabupaten Sumbawa sedang gencar menurunkan angka stunting, dan tidak lepas dari peran-peran kader posyandu. Di mana, posyandu sekarang terintegrasi bekerjasama dengan TP PKK di semua tingkatan,” jelasnya.

Lanjut wabup, beberapa peran kader posyadu dalam upaya tersebut seperti, memantau pertumbuhan anak-anak secara rutin dan mengidentifikasi anak-anak yang berisiko mengalami stunting. Memberikan edukasi kepada ibu tentang pentingnya gizi seimbang, pola makan, ASI eksklusif, dan nutrisi yang tepat untuk anak.

Kemudian, membantu dalam distribusi dan pemantauan pemberian suplemen gizi seperti tablet besi dan vitamin A kepada balita. Memberikan dukungan dan konseling kepada ibu dalam perencanaan makanan seimbang dan memastikan bahwa anak-anak mendapatkan makanan bergizi. Melakukan pemantauan pertumbuhan anak secara berkala dan melaporkan data pertumbuhan ke pihak yang berwenang.

Baca juga:  Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

“Dengan melibatkan kader Posyandu dalam upaya percepatan penanganan stunting diharapkan pendekatan ini akan lebih efektif dan terjangkau di tingkat komunitas untuk mengurangi angka stunting pada anak-anak,” harapnya.

Tambah wabup, sebegai bentuk dukungan, pemerintah daerah telah menganggarkan instenif untuk kader posyandu.

“Tidak kalah penting, kita berikan insentif kepada kader posyandu walaupun kecil, tapi itu salah satu dukungan pemda,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com -  Sebanyak 24 anggota Panitia Pengawas...

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...