Wabup : Makan Ikan Cegah Stunting

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa mengadiri kegiatan Perluasan Safari Gemarikan dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting dan Gizi Buruk, Senin (31/07/2023) di Taman Mangga Sumbawa.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, Perwakilan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa, serta OPD terkait.

Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany S.Pd, M.Pd menyampaikan di Kabupaten Sumbawa Produk Kelautan dan Perikanan pada tahun 2022 sebesar 679.511.17 Ton. Besarnya potensi Kelautan dan Perikanan tentu sangat ideal untuk memenuhi protein masyarakat.

Baca juga:  Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

“Makan Ikan dapat membuat kita kuat dan cerdas khususnya dalam upaya pencegahan Stunting. Kurangnya pemahaman tentang pentingnya makan ikan serta kurangnya variasi olah ikan membuat minat masyarakat kurang dalam makan ikan,” kata wabup.

Menurutnya, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) merupakan salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut. Gerakan ini merupakan langkah konkrit untuk merubah pola makan yang lebih sehat dan bergizi.

Senada dengan Wakil Bupati Sumbawa, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, H. Johan Rosihan ST menyampaikan Dari 24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa 18 itu pesisir dengan Produk Perikanan yang melimpah akan tetapi angka Stunting kita Masih tinggi. Stunting merupakan penyakit yang diakibatkan kurangnya asupan gizi.

Baca juga:  34 Calon Jamaah Haji Sumbawa Masuk Kategori Lansia Beresiko Tinggi

“Melalui Gerakan Gemarikan ini kita harus dapat menghapus mitos-mitos buruk tentang Ikan. Gemarikan dapat dijadikan sebagai sebuah institusi yang dapat membantu dan bertanggung jawab atas ketersediaan kebutuhan gizi masyarakat dari ikan serta pentingnya gizi pada ikan. Kegiatan juga diikuti dengan penyerahan paket Gemarikan secara simbolis kepada 10 orang Perwakilan serta diikuti juga dengan lomba Gemarikan,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...