LPM UNSA Gelar Webinar Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarumbawa.com Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) merupakan suatu kegiatan sistemik penjaminan mutu perguruan tinggi untuk mengawasi penyelenggaraan tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) oleh perguruan tinggi secara berkelanjutan. Sehubungan dengan pentingnya SPMI tersebut, maka Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Samawa mengadakan Webinar Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dengan Ttema “SPMI sebagai Muara SPME Unggul” bekerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan webinar ini dilakukan secara online melalui moda zoom meeting yang menghadirkan Dr. Widowati Budijastuti, M.Si., Direktur Pusat Penjaminan Mutu Universitas Negeri Surabaya.

Dr. Widowati Budijastuti, M.Si., memiliki banyak pengalaman dalam pengembangan dokumen mutu SPMI seperti kebijakan mutu, standar mutu, manual mutu, SOP dan Formulir dari tahun 2016 sampai sekarang. Selain itu juga berpengalaman sebagai auditor kurikulum, PBM, Sarpras, Capaian kinerja pimpinan, SIMSPM dengan 9 kriteria serta menjadi Pendamping SPME, seperti pendampingan ASIIN Tahun 2019 sampai sekarang; pendampingan AQAS tahun 2020 sampai sekarang; pendampingan FIBAA tahun 2021 sampai sekarang; dan pendampingan Hceres tahun 2021.

Ketua panitia kegiatan, yaitu Eryuni Ramdayani., M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan webinar yang diadakan secara online ini sangat menarik untuk mengetahui betapa pentingnya PPEPP-SPMI untuk peningkatan mutu pendidikan di Universitas Samawa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan (tendik) di Universitas Samawa.

Baca juga:  SDN 13 Sumbawa Pelopori Program Anti Bullying dan Kekerasan Terhadap Anak dalam MPLS

Rangkaian acara dilakukan pada pukul 08.00 wita pagi yang diawali dengan peserta melakukan registrasi, dilanjutkan pembukaan acara oleh host, yaitu Ns. Briliyan Anindya Dayfi, S.Kep., M.Kep dengan melakukan salam pembuka dan menjelaskan tentang tata tertib penyelenggaraan kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ady Purnama, S.T., M.Eng.

Kemudian, diikuti dengan sambutan pertama yang sampaikan oleh Ketua LPMU yaitu Dr. Juanda, S.S., M.Pd, sambutan kedua oleh Rektor Universitas Samawa yang diwakilkan oleh Wakil Rektor 1, Syahdi Mastar, M.Si. Setelah sambutan-sambutan yang dipandu oleh host, lalu acara dilanjutkan dengan pembacaan profil singakat moderator. Kegiatan selanjutnya diambil alih oleh moderator, yaitu Dr. Sri Rahayu, M.E., yang diawali dengan ulasan tema dan menyampaikan profil singkat narasumber serta dilanjutkan dengan pembukaan sesi pertama, yaitu presentasi dari narasumber.

Dr. Widowati Budijastuti, M.Si menjelaskan tentang bagaimana prosedur Penetapan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian Pengendalian (PPEPP) dan dokumen-dokumen penjaminan mutu seperti kebijakan mutu, standar mutu, manual mutu, SOP/pedoman dan instrument audit/formulir audit, naskah kebijakan mutu akademik, IKU dan IKT dalam SPMI di UNESA yang menampilkan juga tentang contoh audit IKT, SE IKT Rektor, hasil IKU dan IKT, sejarah standar mutu yang ada di UNESA.

Baca juga:  Tim UNRAM Raih Pendanaan PKM-PM untuk Tingkatkan Literasi Sains Siswa

Pada pembukaan sesi kedua dibuka sesi diskusi/tanya jawab yang dilakukan dengan dua bentuk, yaitu melalui kolom chat dan raise hand. Setelah sesi kedua berakhir, maka moderator membacakan kesimpulan, lalu diserahkan kembali ke host. Rangkaian kegiatan webinar Webinar Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dengan Tema” SPMI sebagai Muara SPME Unggul” diakhiri pada pukul 11.20 Wita dengan foto bersama.

Melalui kegiatan kerja sama ini, diharapkan Lembaga penjaminan mutu perguruan tinggi beserta seluruh aktivitas akedemik agar dapat mengetahui bagaimana prosedur dalam meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Universitas Samawa dengan menghasilkan dokumen SPMI, IKT dan IKU. Selain itu, kegiatan ini diharapkan agar dapat memberikan motivasi kepada dosen dan tendik untuk meningkatkan mutu dan kualitas diri dalam menunjang tridharma perguruan tinggi. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Tim UNRAM Raih Pendanaan PKM-PM untuk Tingkatkan Literasi Sains Siswa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tim Universitas Mataram (Unram) Provinsi...

SDN 13 Sumbawa Pelopori Program Anti Bullying dan Kekerasan Terhadap Anak dalam MPLS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai Sekolah Penggerak SDN 13...

Hebat! Amna Kayla Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Terpilih Jadi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com – Prestasi gelimang diraih oleh Amna...

Wakili NTB, Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Akan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Amna Kayla, siswi Madrasah Aliyah...