Serunya Berburu Harta Karun di PAUD Taamasa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Pendidikan Usia Dini (PAUD) Taamasa berakhir dengan penuh keseruan, riang dan gembira, Jumat (21/07/2023) pagi.

Kegiatan diawali kesekitar pukul 07.30 wita anak-anak usia dini mulai berdatangan ke sekolah. Seperti biasa, mereka disambut para ustadzah. Mereka bersalaman, lalu menuju ke kelas masing-masing mengantar ransel yang dikenakan di punggung.

Hari begitu cerah mencerminkan semnag anak-anak mengikuti hari terakhir MPLS. Menggunakan seragam olahraga berwana cerah, mereka dikumpulkan di lapangan sekolah.

Kegiatan dimulai dengan senam pagi. Penuh semangat anak-anak menggerakan badangnya mengikuti lantunan musik dipandu oleh para ustadzah.

Gerakan demi gerakan mereka peragakan dengan ceriah. Bahkan terdengar gumuruh teriakan semangat dari para petualang cilik itu.

Keseruan pun berlanjut, tiba waktunya mereka mengikuti kegiatan ini yang paling dinanti-nanti. Ya, berburu harta karun.

Sebelum permainan, para ustadzah telah menyiapkan harta karun berupa makanan ringan yang dibungkus rapi, lalu sembunyikan. Mulai dari balik tembok, wahana permainan, hingga di batang pepohonan.

Setelah memahami alur permainan, anak-anak kemudian diberi aba-aba untuk mulai mencari harta karun. Mereka harus menemukan masing-masing satu harta karun.

Para anak-anak dengan penuh semangat berpencar mencari. Mereka berlari kesana kemari berburu harta karun. Satu per satu mereka mulai menemukan harta karunnya.

Baca juga:  FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Bagi yang telah menemukan harta karun, langsung berlari ke atas panggung sebagi garis akhir permainan. Namun, ada juga dari mereka yang membantu temannya yang belum mendapatkan harta karun. Kekompakan dan kebersamaan mereka tunjukan dalam permainan yang sangat seru ini.

Tidak kalah dari anak-anaknya, para orang tua ikut besorak memberi semangat dari pinggir lapangan. Mereka larut dalam keseruan permainan yang melatih ketelitian itu.

Siswa menunjukan harta karunnya

Semua telah mendapatkan harta karunnya masing-masing. Mereka pun berkumpul di atas panggung dan menunjukan hasil usahanya itu dengan penuh semangat. Permainan pun berakhir, anak-anak kembali ke kelas mengikuti kegiatan selanjutnya.

Aryayu Enny Wahyu, S.Pd.Gr Kepala PAUD Taamasa mengatakan, permainan berburu harta karun ini melatih ketelitian, kerja sama, kebersamaan dan kekompakan anak-anak.

“Tadi sangat seru sekali. Anak-anak dilatih untuk mencari, teliti, bekerja sama, dan kompak. Tadi saya lihat, ada yang belum menemukan, tapi teman lainnya membantu. Ini yang namanya melatih kebersamaan, kerja sama dan kekompakan anak-anak,” ungkapnya.

Dengan berakhirnya kegiatan hari ini lanjutnya, maka berakhirlah MPLS yang telah dilaksanakan selama dua pekan ini.

Baca juga:  FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

“Secara umum, dua pekan ini luar biasa. Sekarang kita menggunakan kurikulum merdeka salah satu programnya adalah PAUD ke SD, kerena sudah masuk transisi ini, maka MPLS dilakukan selama dua pekan. Dengan banyaknya waktu yang dipakai, anak-anak lebih mengenal lingkungan sekolahnya,” jelasnya.

“Terutama orang tuanya, heboh, luar biasa. Mereka tetap mendampingi anaknya, kerena tidak mudah untuk meninggalkan anak di tahun-tahun pertama. Ada banyak murid baru sekitar 80 orang,” tambahnya.

Usai MPLS ini jelasnya, mulai Senin 24 Juli besok, anak-anak akan mengikuti hari efektif di sekolah. Pembelajaran akan menggunakan kurikulum merdeka.

“MPLS ini masuk dalam kegiatan ekstra. Mulai senin nanti tanggal 24 mulai efektif, kita menggunakan kurikulum ada intra, ekstra dan P5. Jadi kegiatan intra kita sudah punya tema sebagai panduan pembelajaran. Kegiatan ekstra, kita buat sesuai minat anak, diantaranya seni budaya Sumbawa, mengaji dengan metode tilawatih dan dai cilik,” pungkasnya.

Melalui kesempatan ini, ia menyampaikan apresiasi kepada orang tua siswa yang telah mendukung kegiatan ini sampai akhir. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar PAUD Taamasa yang telah mempersiapkan kegiatan MPLS dengan penuh kekompakan. (KS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...

Job Fair & Talk Show Dies Natalis UNSA ke-25, HMPS PENKO FKIP Pertemukan Pencari Kerja dengan Perusahaan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebagai rangkaian kegiatan perayaan Dies...