Kawasan Sirkuit Samota Mulai Dibenahi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Lahan sekitar 70 hektar di Kawasan Sirkuit Samota resmi menjadi milik Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa setelah melalui mekanisme pembebasan lahan dengan ganti rugi berupa uang.

Saat ini, Pemda Sumbawa tengah melakukan berbagai persiapan untuk mulai membenahi lokasi tersebut. Pembenahan dilakukan untuk menyambut even-even local hingga internasional yang akan digelar di lokasi. Salah satunya, MXGP 2023 seri ke 10 yang akan berlangsung Juni mendatang.

Asisten Pembangunan Sekda Sumbawa, Lalu Suharmadji ST., MT, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/04/2023) kepada awak media mengatakan, perbaikan Sirkuit MXGP Samota mulai dilakukan pada 18 Mei 2023. Sirkuit didesain oleh Mr. Greg selaku perancang Sirkuit MXGP dari Infront.

Baca juga:  Berikut Hasil Pengawasan Periode ke-3 Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Sumbawa 2024

Menurutnya, untuk perbaikan Sirkuit MXGP Samota, tidak terlalu berat. Hanya membenahi lapisan tanah. Sebab selama setahun tidak terpakai, lapisan tanah menyatu di satu tempat, karena tergerus air hujan. Di lokasi sirkuit juga akan ditambah jumlah kolam dari sebelumnya 4 menjadi 6 kolam.

Kemudian, dibangun sumur bor di beberapa titik untuk memenuhi kebutuhan air. Selanjutnya tribun VVIP juga ditambah dari satu menjadi dua tempat dengan desain yang lebih representatif. Satunya berada di tengah sirkuit sehingga penonton bisa melihat lokasi itu dengan backround pegunungan sekaligus pemandangan laut. Untuk mengakses VVIP ini melalui terowongan yang atasnya merupakan jalur motor.

“Saat melewati terowongan itu, ada sensasi yang dirasakan, karena di atasnya dilintasi para raider yang sedang menggeber motornya,” ujarnya.

Baca juga:  Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Telah diakui, pemandangan di sirkuit Samota sangat indah, hamparan lautan memagari utara sirkuit, dan Pulau Moyo mengintip cantik di sisi timur sirkuit. Selanjutnya Jembatan Samota kokoh menyambut kehadiran para peserta dan tamu.

Sementara karakteristik sirkuitnya, track Sirkuit Samota memiliki 18 tikungan, 11 tantangan, dan panjangnya 1,9 kilometer. Kondisi track di Sirkuit Samota mengikuti kontur lokasi dengan perbukitan dan landscape yang indah seputar 360 derajat mata memandang. Sirkuit MXGP Samota memiliki 3 pintu yakni, pintu masuk penonton, pintu khusus di jalur tengah sebagai akses emergency dan pintu VVIP. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...

Progres Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Lampaui Target

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pembangunan Dermaga Apung Desa Labuhan...

Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan)...

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...