Kapal Pengangkut BBM Terbakar, Pertamina Pastikan Supply Tidak Terganggu

Date:

Mataram, Kabarasumbawa.com – PT Pertamina (Persero) melalui subholding Pertamina Patra Niaga dan Pertamina Internasional Shipping bahu membahu secara cepat melakukan pemadaman Kapal MT Kristin yang terbakar pada Minggu (26/03/2023) sekira pukul 14.50 WITA.

MT Kristin yang membawa muatan 5900 kilo liter (kl) Pertalite sedianya akan sandar untuk loading di Terminal BBM Ampenan sebesar 2700 kl dan sisanya 3200 kl akan melanjutkan perjalanan menuju Terminal BBM Sanggaran, Bali setelahnya.

Pjs Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Taufiq Kurniawan mengatakan saat ini api telah padam pada pukul 21.00 dan sedang dilakukan pendinginan untuk memastikan api tidak akan muncul kembali oleh tim Pertamina Internasional Shipping menggunakan tug boat milik Pelindo dan dari Patra Niaga membackup dengan Kapal Tug Boat dari Ampenan dan Manggis, Bali.

Baca juga:  Bulog Sumbawa Tuntaskan Penyaluran Bapang CBP Tahun 2024 Tahap I dan II

“Hasil pantauan sementara tidak terdapat tumpahan minyak di perairan namun untuk antisipasi di sekitar kapal telah dipasang oil boom dari Patra Niaga Ampenan agar apabila terdapat tumpahan mampu di lokalisir,” ungkapnya.

Sehubungan dengan insiden kebakaran tersebut disampaikan juga bahwa masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan BBM. “Supply BBM untuk wilayah Lombok kami pastikan stok dalam keadaan aman, supply BBM untuk Lombok melalui Integrated Terminal Ampenan dan Terminal BBM Sanggaran, Bali dipastikan aman dengan posisi stock Pertalite saat ini sejumah 4.200 KL di Sanggaran, sedangkan di Ampenan stok Pertalite sejumlah 3.200 KL, “ papar Taufiq.

Terkait insiden tersebut, untuk menjaga ketahanan stok BBM , Pertamina juga melakukan upaya pengalihan supply. Untuk IT Ampenan akan dilakukan pengalihan supply dengan kapal MT Olivya dengan muatan 2.500 kl yang posisinya saat ini di perairan barat Kab Bima dan untuk Terminal BBM Sanggaran akan dilakukan alih supply melalui darat dari IT Manggis Bali sambil menunggu supply kapal sandar selanjutnya dari MT Elisabet I yang membawa pertalite sejumlah 1000 kl, akan tiba sandar besok pagi di Sanggaran.

Baca juga:  Banjir Poin dan Bonus Menarik, Segera Beli Tiket MotoGP di Aplikasi MyPertamina

“Masyarakat diimbau untuk tidak panik, karena Pertamina memastikan penyaluran BBM untuk wilayah Lombok dan sekitarnya tidak akan terhambat. “Tak lupa kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat agar korban yang masih dalam pencarian dapat segera ditemukan,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Banjir Poin dan Bonus Menarik, Segera Beli Tiket MotoGP di Aplikasi MyPertamina

Lombok, Kabarsumbawa.com - Gelaran MotoGP kembali hadir tahun ini...

Bandara Sumbawa Simulasi PKD Keamanan dan Keselamatan Penerbangan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bandara Sultah Muhammad Kaharuddin Sumbawa...

Bulog Sumbawa Tuntaskan Penyaluran Bapang CBP Tahun 2024 Tahap I dan II

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Perum Bulog Kantor Cabang (Kancab)...

Massa Aksi Tuntut Segera Serap Jagung Petani, Bulog Sumbawa Tunggu Anggaran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Serikat Tani Mandiri Sumbawa (Sektimas)...