Kapal Pengangkut 5.900 KL BBM Pertamina Terbakar di Perairan Lombok

Date:

Mataram, Kabarsumbawa.com – Kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Pertamina terbakar di Perairan Lombok, Minggu (2603/2023) sekira pukul 14.50 wita.

Pjs Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Taufiq Kurniawan dalam keterangannya membenarkan peristiwa itu. Dijelaskan, Kapal MT Kristin tersebut, membawa muatan 5.900 kilo liter (kl) Pertalite yang akan sandar untuk loading di Terminal BBM Ampenan sebesar 2700 kl dan sisanya 3200 kl akan melanjutkan perjalanan menuju Terminal BBM Sanggaran, Bali setelahnya.

Berdasarkan laporan sementara ungkapnya, insiden terbakarnya kapal terjadi saat kapal melakukan labuh jangkar. Titik api terlihat berasal dari forecastle atau mooring deck depan dan penyebab timbulnya api masih diselidiki lebih lanjut.

Sebanyak 17 kru kapal berupaya optimal untuk memadamkan api, namun belum berhasil. Sehingga, nakhoda memutuskan untuk segera evakuasi. Dalam proses evakuasi, 3 kru yang tengah melakukan operasional jangkar diketahui lompat ke laut terlebih dahulu dan saat ini masih dalam pencarian. Sementara, 14 kru lainnya dipastikan selamat dan saat proses evakuasi kru kapal dibantu oleh nelayan sekitar. Kru kapal yang selamat saat ini berada di FT Ampenan.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 21.00 dan sedang dilakukan pendinginan untuk memastikan api tidak akan muncul kembali oleh tim Pertamina Internasional Shipping menggunakan tug boat milik Pelindo dan dari Patra Niaga membackup dengan Kapal Tug Boat dari Ampenan dan Manggis, Bali.

“Hasil pantauan sementara tidak terdapat tumpahan minyak di perairan namun untuk antisipasi di sekitar kapal telah dipasang oil boom dari Patra Niaga Ampenan agar apabila terdapat tumpahan mampu di lokalisir,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Seorang Pemancing Dilaporkan Tenggelam

Lombok Barat, Kabarsumbawa.com - Seorang lelaki asal Dusun Dusun...

2 Unit Rumah Semi Permanen Hangus Terbakar Gegara Kompor Gas Bocor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dua unit rumah semi permanen...

Sebuah Rumah di Uma Sima Hangus Terbakar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kebakaran hebat terjadi di Jalan...

Seorang Pengendara Meninggal Dunia Setelah Jatuh ke Jurang

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seorang pengendara sepeda motor meninggal...