Momen HPSN 2023, Bupati Sumbawa : Sampah Tanggungjawab Bersama

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemda Sumbawa melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Gebyar Pilah Sampah, Rabu (22/02/2023) di Pantai Saliper Ate. Kegiatan dilaksanakan sebagai puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023.

Kegiatan dihadiri oleu Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd, Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, para Asisten Sekda, para Anggota Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah, dan Kepala Bagian Lingkup Pemkab Sumbawa.

Bupati menyampaikan, peringatan HPSN 2023 ini sebagai momentum penting bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan, sekaligus untuk mengingatkan semua pihak bahwa sampah merupakan persoalan yang harus menjadi perhatian utama.

Menurutnya, upaya penanganan dan pengelolaan sampah harus melibatkan seluruh komponen masyarakat, mulai dari pemerintah, akademisi, aktivis, komunitas, dunia usaha, dan individu.

Baca juga:  Promosikan MXGP 2024, Baim Wong Akan Datang ke Sumbawa

“gerakan Gebyar Pilah Sampah ini harus dimanfaatkan dengan baik agar kita dapat mengurangi pembuangan sampah plastik ke sungai maupun laut,” ungkapnya.

Bupati berjanji, Pemkab Sumbawa akan memberikanpenghargaan kepada lembaga masyarakat atau OPD Kab. Sumbawa yang mampu memberikan solusi tentang pengelolaan sampah secara baik.

Ia berharap, kepada dinas terkait untuk menggaungkan kegiatan Gebyar Pilah Sampah ini sehingga dapat menyebar hingga ke wilayah yang paling jauh di Kab. Sumbawa. Sehingga, kegiatan positif ini dapat menjadi contoh baik dan ditiru oleh seluruh masyarakat Sumbawa.

“Sampahku Tanggungjawabku, Sampahmu Tanggungjawabmu, Sampah Kita Tanggungjawab Bersama,” ujar bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur., dalam laporannya menyampaikan tujuannya diadakannya acara ini adalah bagaimana kita membangun partisipasi dan kesadaran luas masyarakat terhadap persoalan membiasakan budaya bersih dan peduli sampah khususnya di Kab. Sumbawa.

Baca juga:  Tingkatkan Kapasitas, 32 Orang Petugas Keswan Akan Dikirim ke BBIB Singosari

Dengan ini, Ia berharap kepada masyarakat minimal dari lingkungan rumah tangga, tempat kerja maupun usaha, sekolah, fasilitas umum, sudah mulai membiasakan pilah sampah, maka nantinya sampah itu bisa berarti, bisa menjadi berkah, dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat dengan mengubah sampah menjadi barang berharga.

Kemudian, jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara peringatan HPSN ini ialah 3.000 Orang dari semua kalangan yakni Guru, Komunitas, Siswa/Siswi, dan Masyarakat Umum Kab. Sumbawa. Selain itu, kegiatan ini juga diramaikan kurang lebih 52 UMKM yang menyediakan berbagai macam olahan produk lokal khas Sumbawa. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

Tingkatkan Kapasitas, 32 Orang Petugas Keswan Akan Dikirim ke BBIB Singosari

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

Tahun Ini, Pemda Sumbawa Tangani Jalan Osapsio

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kondisi jalan Osapsio, Kecamatan Sumbawa,...

Promosikan MXGP 2024, Baim Wong Akan Datang ke Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Persiapan pelaksanaan MXGP Sumbawa -...