Nakes di Sumbawa Mulai Diberikan Vaksin Booster Kedua

Nakes di Sumbawa Mulai Diberikan Vaksin Booster Kedua
Kepala Dikes Sumbawa Junaedi, S.Si., A.Pt., M.Si

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Secara Nasional pemberian vaksin booster kedua bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) telah dimulai. Termasuk di Kabupaten Sumbawa, sebanyak 3.150 orang nakes akan mendapatkan vaksin booster kedua.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa Junaedi, S.Si., A.Pt., M.Si., menyebutkan vaksin booster kedua tetah mulai dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa sejak beberapa waktu lalu di beberapa Puskesmas termasuk jajaran Dinas Kesehatan.

“Beberapa puskesmas telah mulai sejak hari Sabtu kemarin. Kita di jajaran Dikes, baru tadi pagi. Baru untuk tenaga kesehatan Booster kedua ini,” jelasnya, kepada kabarsumbawa.com, Senin (08/08/2022) di Sumbawa.

Baca juga:  Pertahankan Bebas PMK, Sumbawa Tingkatkan Biosecurity

Dijelaskan, sesuai ketentuan dari Pemerintah Pusat, booster kedua untuk nakes menggunakan Vaksin Moderna. “Karena sebagian besar nakes vaksin primer maupun booster 1 menggunakan Moderna, maka booster kedua menggunakan moderna. Ini sesuai ketentuan dari pusat,” terangnya.

Menurutnya, pemberian vaksin booster kedua ini penting dilakukan, mengingat nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan covid-19. Mereka bersentuhan langsung dengan pasien secara umum bahkan yang positif covid-19, sehingga perlu dipastikan agar mereka tetap sehat.

“Covid belum berakhir, bahkan beberapa hari terakhir di atas 4.000 kasus harian nasional dan tentu karena nakes sudah lama vaksin, secara teori 6 bulan itu antibodi sudah mulai menurun. Karena mereka salah satu kelompok beresiko, berinteraksi dengan pasien bahkan yang covid, jadi mereka diprioritaskan lebih dulu,” paparnya.

Baca juga:  Pengawasan WNA di Sumbawa dan KSB Terus Ditingkatkan

Ditergetkan, pelaksanaan vaksin booster kedua untuk nakes ini dapat dituntaskan dalam waktu yang tidak begitu lama. Setelah itu, tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan untuk masyarakat umum.

“Saya rasa berikutnya akan dibuka untuk masyarakat umum. Harapnnya, untuk kita segera menyelesaikan karena mereka harus dalam keadaan sehat. Semoga dalam waktu tidak lama kita bisa selesaikan untuk nakes,” pungkasnya. (KS/aly/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.