Sumbawa Usulkan Pembangunan IPLT di Raberas

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa, mengusulkan pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di TPA Raberas, Kelurahan Seketeng, Kecamatan Sumbawa.

Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, M.Si., menyebutkan, usul tersbut telah disampaikan ke Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah kita akan difasilitasi oleh Kemandagri melalui Dirjen Bina Pembangunan Daerah ke kementerian terkait. Kalau nanti kita dipertemukan akan kita bahas secara teknis,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (31/01/2022).

Menurutnya, pembangunan IPLT tersebut bertujuan mewujudkan peningkatan satitasi bagi masyarakat sebagaimana sesuai dengan 10 program prioritas Pemerintahan Drs. Haji Mahmud Abdullah – Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd (Mo-Novi).

Baca juga:  Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Menurutnya, selama ini limbah tinja di Kabupaten Sumbawa belum tertangani. Penanganan limbah tersebut, hanya di kubur oleh masyarakat dalam saptic tank masing-masih.

Jika limbah tinja tidak ditangani, maka dapat mempengaruhi kulitas lingkungan, termasuk air tanah sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat. Sementara, masih banyak masyarakat yang menggunakan sumur bor lantaran tidak tercukupi oleh PDAM.

“Begitu penampungannya penuh buka baru, belum bisa kita kelolah, kita ambil buang dan kelolah di tempat khusus. Sekarang hanya limbah rumah tangga saja yang kita kelolah padahal itu juga bagian yang harus kita tangani. Lama-lama kualitas air yang ada di permukaan menjadi terganggu. Sementara masih banyak masyarakat yang kekurangan air PDAM masih mengunakan sumur bor,” jelasnya.

Baca juga:  Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Dengan adanya pengolah limbah ini, maka lingkungan akan terjaga. Juga diharapkan, limbah yang telah diolah nanti mendapatkan nilai tambah. “nanti limbahnya bisa diolah menjadi pupuk dan sebagainya, sehingga mempunya nilai tambah,” pungkasnya. (KS/aly*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...