Diduga Beredar Pupuk Palsu, KP3 Sumbawa Lakukan Inspeksi Lapangan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Tim Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Sumbawa, melakukan inspeksi lapangan terkait perdaran pupuk non subsidi.

Pada kesempatan tersebut, tim yang terdiri dari Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian, Kanit Tipiter Polres Sumbawa, dan Kabid Perdagangan mendatangi salah satu dugang distribusi di kawasan By Pass Sumbawa, Jumat (07/01/2021) kemarin.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Perdagangan, Iwan Setiawan, S.P., M.Si., selaku Sekretaris KP3 Kabupaten Sumbawa, inspeksi ini dilakukan sebagai bentuk respon Pemda atas laporan masyarakat terkait adanya peredaran pupuk diduga palsu.

Baca juga:  Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

“Hari ini KP3 melakukan pengawasan secara langsung terhadap peredaran dan penyimpanan pupuk di lapangan atas laporan masyarakat tentang beredarnya pupuk yang diindikasikan palsu,” ungkapnya.

Dalam inspeksi tersebut tidak ditemukan pupuk diduga palsu seperti yang dilaporkan. Semua pupuk yang ada di gudang tersebut, dicantumkan nomor pendaftaran di Kementerian Pertanian. Juga informasi komposisi dan kandungan serta nama produsennya.
.
“Pengamatan secara langsung dari sisi label terpenuhi karena nomor pendaftaran, merek dagang, kandungan hara, berat bersih tercantum secara jelas. Nomor pendaftaran setelah kami telusuri adalah sah dari Kementerian Pertanian,” terang Iwan.

Baca juga:  Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Kemudian, dari sisi legalitas perusahaan yang melakukan penjualan juga mengantongi Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan KBLI Perdagangan Eceran Pupuk dan Pemberantasan Hama. NIB dengan KBLI yang sesuai adalah legalitas dalam menjalan usaha sesuai Undang-Undang Cipta Kerja.

“Kami sampaikan bahwa anggota Tim KP3 yang melakukan pengawasan hari ini tidak menemukan unsur-unsur yang patut diduga sebagai peredaran pupuk palsu,” tegasnya. (KS/aly)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Ditjen Imigrasi Gelar Dengar Pendapat Publik Perubahan RUU Keimigrasian

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menggelar Dengar...

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Banjir Poin dan Bonus Menarik, Segera Beli Tiket MotoGP di Aplikasi MyPertamina

Lombok, Kabarsumbawa.com - Gelaran MotoGP kembali hadir tahun ini...