Sabtu, Desember 2, 2023

Mahasiswa UNSA Ajak Warga Brang Biji Manfaatkan Pekarangan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Mahasiswa Kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Universitas Samawa (UNSA) mengajak mengajak masyarakat Kelurahan Brang Biji, Kecamatan Sumbawa, memanfaatkan pekarangan rumah untuk meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

 

Kegiatan berupa pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdaber) ini, dilaksanakan di kediaman Ketua RT 3 RW 13 Lingkungan Kebayan. Pelatihan yang dikemas dalam bentuk sosialisasi ini diikuti oleh belasan orang ibu rumah tangga yang tidak di lingkungan setempat.

 

Dr.Subhan Purwadinata,ME Dosen Pembimbing Kelompok 1, menerangkan bahwa kegiatan budikdamber ini sebagai bentuk kepedulian untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan memudahkan masyarakat mendapatkan ikan di lingkungan tempat tinggal dengan memanfaatkan lahan sempit di sekitar perkarangan rumah.

 

“Di masa pendemi COVID-19 masyarakat diharapkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Dengan adanya kegiatan ini sangat baik di lakukan karena tanpa keluar rumah masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi dengan mengoptimalkan pekarangan secara lestari menuju keluarga dan masyarakat yang sehat, mandiri dan sejahtera,” terangnya.

Baca juga:  DPKS Monev Sejumlah Sekolah di Kecamatan Moyo Utara

 

Lanjutnya, Budikdamber ini memiliki kelebihan diantaranya hemat ruang, penyediaan alat dan bahan yang simple dan tidak memerlukan modal yang besar, dapat menambah bahan pangan dan penghasilan tambahan dari hasil panen ikan untuk keluarga.

 

“Dengan di adakannya kegiatan sosialisasi ini di targetkan kepada masyarakat sebagai edukasi dan pemahaman terkait budikdamber serta masyarakat juga bisa menjadikan budikdamber sebagai bisnis yang bernilai ekonomis,” pungkasnya.

 

Adapun cara Budidaya Ikan Dalam Ember di Pekarangan sabagai berikut : Bahan-bahan terdiri dari, Ember ukuran 100 L, benih ikan ( lele,nila) yang tahan terhadap kualitas air, benih kangkung atau bayam, gelas plastik ukuran 250 ml, Sarang batok kelapa, dan kawat yang akan lentur untuk mengikat gelas pada ember.

Baca juga:  DPKS Monev Sejumlah Sekolah di Kecamatan Moyo Utara

 

Kemudian cara pembuatannya, sediakan net pot hidroponik atau gelas untuk bibit kangkung sebayak 15-20 buah,lubangi bagian dengan solder pada bagian samping atau bawah dan bawah gelas.

 

Untuk benih kangkung(ukuran bijinya besar) bisa di taruh pada rockwool atau arang yang di haluskan.Jika ukuran benihnya kecil bisa di taruh dalam rockwool.

 

Kemudian, potong kawat sepanjang 12 cm dan buat kait untuk pegangan gelas dalam ember. Isi ember dengan air sebanyak 80 liter diamkan selama dua hari. Isi ember dengan bibit ikan lele ukuran 8-10 cm (semakin besar semakin baik) sebanyak 80 ekor diamkan selama 1-2 hari. Setelah itu rangkai net pot hidroponik atau gelas dalam ember. (KS/)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
2,713PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Berita Terkini

error: Content is protected !!