Pasien RSUD Sumbawa Kembali Dievakuasi Ke Rumah Sakit

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Setelah sepekan diungsikan ke halaman kantor Bupati Sumbawa, para Pasien Rumah Sakit Umum (RSUD) Sumbawa, kembali dievakusai kembali ke gedung milik RSUD, Senin (27/08/2018) pagi tadi.

Ditektur RSUD Sumbawa, dr Dede Hasan Basri mengatakan, pemindahan para pasien ini dilakukan setelah tim kenis dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) melakukan pemeriksaan terhadap gedung rumah sakit dan dinyatakan gedung tersebut bisa ditempati kembali kecuali gedung kelas 3 sal anak.

“Sudah diperiksa oleh tim teknis yaitu PRKP yang menyatakan bahwa bangunan yang kami miliki itu kerusakannya hanya di kelas 3 sel anak di bangunan baru lantai 3 dengan keadaan rusak sedang karena bangunan tidak runtuh. Dengan struktur nya masih bagus, cuman temboknya aja pisah.

Baca juga:  Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

Sehingga untuk bangunan lainnya dalam keadaan normal tidak ada kerusakan. Sehingga layak dan bisa dipakai untuk perwatan pasien, sehingga  hasil dari tanggap bencana yang tanggal 26 keputusan sehingga dievakuasi kami lakukan tanggak 27 sekarang ini,” jelasnya.

“Tanggapan pasien, bagus tidak ada yang menolak mereka itu menerima untuk dievakuasi kembali ke rumah sakit. Pasien terakhir 72 dari 160 awal masuk sisanya sudah sembuh,” tambahnya.

Untuk pemindahan ini lanjutnya, dilakukan evakuasi terhadap pasien bedah terlebuh dahulu, kemudian anak-anak, lalu pasien kandungan, penyakit dalam dan yang terkhir ICU. Para pasian ini dievakuasi menggunakan mobil ambulance milik RSUD Sumbawa, kemudian dibantu juga oleh personel Porles Sumbawa.

Baca juga:  Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

“hanya membutuhkan sehari saja karena ambulance sudah stand by semuanya. Kita dibantu juga oleh polres Sumbawa,” katanya.

kembali dijelaskan, pasien anak akan dirawat kembali di ruangan anak yang dulu yakni di depan sel dalam. kemudian untuk ICU akan menempati ruang pertemuan, sebab ruang tersebut memenuhi criteria yakni standar suhunya.

Seperti yang kita ketahui, gempa berkekuatan 6,9 SR telah mengguncang Sumbawa, Minggu (19/08/2018 malam, membuat seluruh pasien RSUD Sumbawa, terpaksa dievakuasi ke halaman Kantor Bupati. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

Kabupaten Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

Diskusi Bersama Pelaku Seni, Jubir Kemenlu RI Iqbal Dorong Sekolah Tinggi Kesenian Hadir di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu...