Kesenian Sumbawa, Meriahkan HUT RI ke-73 di Desa Pelat

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Berbagai macam cara penduduk Indonesia dalam merayakan HUT RI ke-72. Seperti yang digelar oleh warga Desa Pelat, Kecamatan Unter Iwes, Sumbawa Besar, Jum’at (17/08/2018).

Bertempat di lapangan sepak bola, warga desa Pelat ini menggelar Upacara peringatan HUT RI ke-73 dimeriahkan dengan Kesenian Khas Sumbawa. Sebagian dari peserta upacaranya menggunakan pakaian ada khas Sumbawa.

Selain menggunakan pakaian adat, upacara tersebut diisi dengan berbagai pertunjukan kesenian tradisional Sumbawa, seperti pada pemukaan upacara diawali dengan pemukulan lesung penumbuk padi yang disebut Rantok dalam bahasa Sumbawa, serta diiringi dengan gong genang alat music tradisional Sumbawa, kemudian pada akhir upacara ditutup dengan atraksi bela diri khas Sumbawa yakni Gentao.

Bertindak selaku pemimpin upacara, Kepala Desa Pelat, Herman, dan dihadiri seluruh lapisan masyarakat, komunitas Raider Sumbawa, serta beberapa perwakilan Muspika setempat, SD, SMP, dan SMA se Kecamatan Unter Iwes. Kegiatan ini merupukan inisiasi deri pemerintah Desa dengan Ikatan Keluarga Pelat (IKAPEL) Sumbawa.

Kades Pelat, Herman., yang ditemui setelah upacara mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjunjukan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama sekali pada generasi muda terkait pontesi budaya yang ada di Sumbawa, kemudian menjadi sebuah semangat dalam memajuka Negeri tercinta melalui Desa.

Kemudian lanjutnya, selain untuk memperilahatkan kepada generasi muda, ini juga bertujuan untuk bagaimana kita tetap melesarikan budaya yang ada.

“ini kita tujukan kepada generasi muda bahwa kita memiliki budaya seni yang harus terus dilestarikan,” katanya.

Sementara itu, Ketua I IKAPEL Sumbawa, Siapanto S.Pd., mengatakan, melalui momen seperti ini yang dirangkaikan dengan adat budaya Sumbawa, berharap agar seni budaya yang ada tetap terlsestarikan. (KS/aly).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Avian Brands Peduli : Melukiskan Masa Depan Cerah Anak di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Sejalan dengan tanggung jawab sosial terhadap...

Mindful Ramadhan 1445 H: 10 Malam Menjelang Raya

Kabarsumbawa.com - Semoga Allah senantiasa memberikan semangat dan kekuatan...

Personil Polsek dan Bhayangkari KPL Tano Berbagi Takjil di Pelabuhan

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Personil Polsek dan Bhayangkari KPL...

Sat Lantas Polres Sumbawa Bagikan Takjil pada Pengendara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres...