Panwas : Jika Bupati Ikut Kampanye Harus Ajukan Cuti

Date:

syamsi Hidayat
Syamsi Hidayat
Ketua panwas kabupaten sumbawa

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com – Apabila pejabat negara seperti bupati/walikota dan gubernur mengikuti kampanye maka musti mengajukan cuti. Ketentuan tersebut diatur Peraturan KPU Nomor 04 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Hadir saja dilokasi kampanye itu kita anggap yang bersangkutan mengikuti kampenye. Artinya sudah meniatkan diri berkampanye. Sesungguhnya berpengaruh juga bila ada bupati dalam arena kampanye meskipun tidak naik kepanggung. Itu harus ajukan cuti,” kata Syamsi Hidayat, S.Ip., Ketua Panwas Kabupaten Sumbawa, Kamis (01/03).

Menurutnya, berdasarkan pasal 63 dalam ketentuan tersebut mengamanatkan, apabila bupati/walikota dan gubernur yang tidak mencalonkan diri, namun hendak berkampanye harus mengajukan cuti selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan. Sedangkan berdasarkan pasal 64 terkait dengan pencalonan incumben walikota/ bupati, gubernur untuk dapat laksanakan kampanye harus ajukan izin paling lambat hari pelaksanaan kampanye. Namun, tetapi harus menyampaikan surat pemberitahuan berutap tembusan kepada panwas 1 x24 jam temubasan kepada panwas.

“Tentu semuanya akan berimbas kepada fasilitas yang selama menjabat melekat. Yang bersangkutan tidak dapat menggunakan itu, seperti kendaraan termasuk supir yang dijamin untuk kebutuhan pemimpin tersebut,” jelasnya.

Namun katanya, pejabat negara tidak dapat mengajukan izin cuti sepanjang atau selama masa kampanye berlangsung. Sebab,pejabat negara musti melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pejabat negara untuk melayani masyarakat.

“Tidak dapat ajukan izin pada sepanjang masa kampanye, karena dia karena ada bagian tanggungjawab sebagai pejabat negara  untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya,” ungkap dia. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...