Serapan Anggaran, Zona Hijau 16 SKPD, Kuning 31 dan Merah dibawah 10

Date:

Ilustrasi Serapan Anggaran
Ilustrasi Serapan Anggaran

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Dari hasil evaluasi Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Sumbawa, ditemukan 16 SKPD berada di zona hijau, dengan serapan anggaran diatas 70 persen. Zona kuning diatas 60 persen 31 SKPD dan Zona Merah dibawah 10 SKPD dengan tingkat serapan masih dibawah 50 persen.

“Dizona merah itu, kebanyakan yang ada pekerjaan fisiknya. Ini yang menjadi penyebab, merah itu bukan tidak bekerja. Cuma saat ini sedang bekerja, tidak mungkin dong kita kasih duitnya kalau pengerjaan belum selesai,” kata Zainal Arifin, Kabag Pembangunan Setda Sumbawa, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/10).

Dicontohkan, SKPD yang masih berada di zona merah antara lain PUPR Kabupaten Sumbawa. Sebab, banyak pengerjaan proyek fisik yang tengah berjalan, dan serapan anggaran disesuaikan dengan keterikatan kontrak pengerjaan, dan waktu penyelesaian proyek.

“Tapi kami yakin, semua akan berjalan sesuai dengan diharapkan,” ujarnya, juga mengatakan, pada triwulan ketiga, beberapa proyek strategis dan besar melalui proses tender, seperti pembangunan, relokasi dan penambahan ruang Puskesmas.

Apabila proyek fisik rampung, maka SKPD yang berada di zona merah atau kuning dapat langsung melejit ke zona hijau, terutama proyek bernilai besar, termasuk yang masih dalam proses tender. dan sejauh ini, belum ditemukan adanya indikasi proyek gagal tender.

“Jalan nilainya luar biasa, ketika selesai maka serapannya melejit. Contoh kami ini. Tanah ini kan lambat, jadi ketika selesai langsung tinggi. Potret gagal tender, belum bisa disimpulkan ada, masih dalam proses. Kami yakin ini tuntas, contonya inspektorat sudah naik karena sudah selesaikan. Meskipun posisi kuning, bayar, langsung hijau.,” tegasnya.

Menurutnya, akhir tahun dapat disimpulkan proses pengerjaan tahun ini. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi dan diagnose penyebab, kegagalan apabila ditemukan kegagalan dan masalah. “Nanti kita diagnose. Dengan panggil Skpd terkait. Masih terlalu dini yang menyimpulkan, karena pengerjaan proyek fisik masih berjalan,” ujarnya.

Diungkapkan, Bagian Pembangunan Setda Sumbawa, tetap lakukan monitoring dan jalin komunikasi dengan berbagai pihak. Agar pembangunan dan serapan anggaran tahun ini dapat berjalan sesuai rencana.

“Kami ini sebatas evaluasi dan monitoring, bukan investigasi. Berikan masukan dan saran, kita dorong, berikan catatan. Semakin banyak yang liat maka semakin sempurna. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...