Dua Berkas Parpol Dikembalikan KPU Sumbawa

Date:

Yuyun Nurul Azmi,, Anggota KPU sumbawa
Dr.Hj.Yuyun Nurul Azmi, S.Pt., Mp., Anggota KPU Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Dari sebelas partai politik yang mendaftar dua diantaranya dinyatakan berkas dikembalikan atau tidak memenuhi persyaratan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa. Dan dalam waktu 30 hari ke depan, KPUD Sumbawa akan lakukan verifikasi administriasi terhadap parpol yang dinyatakan diterima.

“Sekarang KPU, selama 30 hari kedepan akan memverifikasi adminstrasi,” kata Dr.Hj.Yuyun Nurul Azmi, S.Pt., Mp., Anggota KPU Kabupaten Sumbawa, kepada wartawan di ruang kerjanya Rabu (18/10).

Dalam tahapan tersebut, akan diverifikasi beberapa hal misalnya, keanggotaan ganda, dan KTP ganda. Bila dalam verifikasi tersebut ditemukan kekurangan, berdasarkan ketentuan diberikan kesempatan selama 14 untuk dilakukan perbaika. “Misalnya anggota parpol, terdapftar di partai A dan partai B. Kami lakukan verifikasi factual, yang bersangkutan harus pilih salah satu. berifikasi administrasi, berkas tidak lengkap diberikan kesempatan untuk perbaikan,” tegasnya.

Jika dalam rentang waktu 14 tidak dapat diperbaiki, maka partai tersebut dinyatakan tidak memenuhi standart kabupaten. “Bukan berarti tidak bisa mengikuti. Sepanjang terdaftar KPU, 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten-kota, dan 50 persen di kecamatan bisa jadi peserta pemilu,” ungkapnya.

Dari 11 parpol yang mendaftar, dua berkas dikembalikan yakni Partai Rakyat dan Partai Republik, karena data Sipol dan data hardcopy KTA serta KTP belum memnuhi syarat minimal yaitu 509.

Sedangkan 9 parpol yang diterima, yakni Partai Demokrat dengan data Sipol 550 hardcopy kta 509 dan ktp 509, Partai Golongan Karya (Golkar) dengan data Sipol 1366, data hardcopy yang disertakan KTA 1303 dan KTP 1302. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), data Sipol 2616, data hardcopy KTA 1027, dan KTP 1027. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), data Sipol 514, hardcopy KTA 514, KTP 514. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), data Sipol 1177, data hardcopy KTA 1177, data KTP 1177.  Partai Bulan Bintang (PBB), data Sipol 685, data Hardcopy KTA 620 dan KTP 618.

Kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP), data Sipol 654, data Hardcopy KTA 611, KTP 611. Partai Demokrat, data Sipol 550, data Hardcopy KTA 509, KTP 509. Partai Amanat Nasional (PAN), data Sipol 619, Hardcopy KTA 607, KTP 608. Partai Kebangkita Bangsa (PKB), data sipol 584, data hardcopy KTA 581 dan KTP 574. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...