Mendikbud dan Ketua MPR RI Kunjungi Utan dan Pamangong

Date:

mendikbud dan ketua MPRSumbawa, KabarSumbawa.com – Dunia pendidikan di Kabupaten Sumbawa semakin bergeliat. Sumbawa semakin dinikmati sebagai daerah tujuan pendidikan. Adalah pesantren modern internasional Dea Malela di bawah pengasuhan Prof. DR. Din Syamsuddin yang baru dibuka satu tahun yang lalu kini mulai membuka jenjang pendidikan SMA. Di tahun pertama di buka, SMA Dea Malela langsung diburu oleh pelajar dari berbagai belahan dunia. Poetra Adi Soerjo sekretaris bidang akademik Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dea Malela menyampaikan ada 4 negara yang mengirimkan anak didik nya untuk belajar di PMI Dea Malela baik untuk tingkat SMP dan SMA.

“Tahun pendidikan 2017-2018 ini kami menerima siswa 4 kelas untuk SMP masing masing dua kelas putra dan dua kelas putri, lalu dua kelas untuk SMA masing masing satu kelas putra dan putri. Siswa siswi tidak hanya datang dari berbagai kota di Indonesia, tapi juga dari Rusia, Thailand, Kamboja, Timor Leste” ujar sekretaris akademik PMI dea Malela yang akrab dipangggil Suryo

Pembukaan pendidikan pertama SMA Dea Malela ini langsung diresmikan oleh Menteri Pendidian dan Kebudayaan Prof. Muhajir Effendy yang rencana nya akan digelar hari ini pukul 15.30 dengan penandatanganan prasasti. Selain Mendikbud RI, terjadwal pula ketua MPR RI Dr. (HC) Zulkifli Hasan akan melantik Siswa Siswi baru SMP dan SMA Dea Malela. Suryo menyampaikan ada banyak sekali tamu yang akan hadir di antara nya Ketua Komisi VIII DPR RI DR. M. Ali Taher yang membidangi yang menjadi mitra kementerian Agama, Kementerian Sosial, Kementerian Perempuan dan Anak, BPMPD. Wakil Ketua DPR RI bidang korkesra Fahri Hamzah yang membidangi Korkesra, Ketua Hizbul Wathon Muhammadiyah Mayjend (Purn) Muchdi Purwoprandjono, dan beberapa Rektor Universitas Muhammadiyah di antara Prof. Winarto yang merupakan Ketua Forum Rektor Indonesia.

“Ada banyak sekali tamu tamu penting yang insya Allah akan membawa keberkahan bagi Sumbawa, Kedatangan tamu ini tidak hanya hadir demi kepentingan Dea Malela, tapi juga demi kepentingan pembangunan di kabupaten Sumbawa, kami berkomunikasi secara sinergis dengan Pemda Sumbawa untuk menyelesaikan beberapa program daerah, kami juga menyampaikan terimakasih kepada pemda Sumbawa yang pro aktif membantu berbagai kegiatan” ucap Suryo

Selain ke PMI Dea Malela tamu tamu tersebut juga akan hadir di kecamatan Utan untuk memantau pembangunan Unit Sekolah Baru SMP Muhammadiyah Yang merupakan program bantuan dari Kemendikbud RI. SMP Muhammadiyah tersebut bersejarah karena telah melahirkan salah satu pemimpin Republik yaitu Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Terkait bebrbagai kegiatan tersebut Fahri Hamzah menyampaikan bahwa saat nya Sumbawa fokus dengan menggeliatkan dunia pendidikan. Sumbawa akan menjadi kiblat peradaban pengetahuan.

“Sumbawa saatnya mengembangkan edutourisme, banyak sekali tokoh Sumbawa yang kini kembali membangun daerahnya dengan pendidikan, pendidikan ini kalo dibaca dlm kaca mata pariwisata maka paling besar berkonstribusi untuk daerah, minimal 3 sampai 4 tahun orang akan bersekolah dan menghabiskan uangnya di sumbawa, inilah edutourisme” tutup Fahri

Sementara itu Prof Din Syamsuddin menyampaikan bahwa Sumbawa harus terus membuka diri demi kemajuan. Hari ini mulai banyak pelajar dari berbagai belahan dunia datang ke Sumbawa. Pelajar pelajar itu akan membawa pengalaman belajar dari Sumbawa ke negara nya masing masing.

“Mari kita terima para pelajar dari luar negeri sebagai bagian dari sanak family kita tau dan tana samawa, kita tunjukkan kultur Sumbawa yang baik agar sumbawa menjadi berita yang baik dan menggembirakan untuk mereka bawa ke negara nya masing masing” ujar Prof Din singkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Wakili NTB, Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Akan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Amna Kayla, siswi Madrasah Aliyah...

Stikes Griya Husada Sumbawa Uji Publik Calon Pansel Satgas PPKS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - STIKES Griya Husada Sumbawa laksanakan...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...