Pembaca Harian Kompas Bantu 450 Orang Penderita Katarak di Sumbawa

Date:

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas bekerjasama dengan Pemerintah Provisni NTB dan didukung oleh Pemkab Sumbawa menggelar Operasi Katarak Gratis yang digelar di RSUP H.L Manambai Abdul Kadir Sumbawa pada Kamis 6 hingga 8 april 2017.

sebanyak 450 penderita katarak akan di operasi oleh Tim Medis dari BKMM dan didanai oleh Yayasan Kemanusiaan Kompas.

Direktur Dana Kemanusiaan Kompas, Rusdi Amral menyampaikan, Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas membawa sumbangan dari pembaca Kompas untuk masyarakat Sumbawa yang diimplementasikan dalam kegiatan Operasi Katarak. Di Sumbawa Besar, operasi katarak sudah berlangsung dua kali. “Kita berencana tiap tahun akan menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Karena melihat antusisas yang sangat besar kami terdorong untuk mengarahkan sumbangan dari pembaca ke Sumbawa Besar ,membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan”, jelasnya.
“Kita semua tahu bahwa mata merupakan indera yang sangat vital, karena 70% informasi kita peroleh dari mata. Maka dari itu kita berharap melalui sumbangan ini, masyarakat kita bisa lebih jernih pengelihatannya, lebih normal aktivitasnya dan kualitas kehidupannya juga bisa lebih baik kedepannya”, ungkap Rusdi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi dalam sambutannya menyampaikan Kabupaten Sumbawa telah berupaya melaksanakan kegiatan operasi katarak sejak tahun 2009, yang secara rutin dilaksanakan dengan sasaran 300 hingga 500 pasien setiap tahunnya, upaya ini hanya dapat mengurangi laju pertumbuhan katarak, namun belum dapat menurunkan jumlah penderita katarak secara signifikan. “Ketergantungan Kabupaten Sumbawa terhadap kegiatan operasi katarak yang bersifat event dan atas bantuan organisasi kemanusiaan lainnya masih sangat besar, dikarenakan hingga saat ini belum tersedia dokter spesialis yang menetap dan secara rutin melakukan operasi katarak setiap hari di Kabupaten Sumbawa. Oleh karenanya, bantuan sekecil apapun yang diberikan kepada Kabupaten Sumbawa untuk menuntaskan angka kebutaan sangat dihargai. Untuk itu sekali lagi kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas”, ungkap Sekda Sumbawa.
“Kepada kita semua, khususnya Dinas Kesehatan beserta jajaran untuk melakukan upaya promotive dan preventif guna menghambat laju pertumbuhan katarak”, himbau sekda. (KS/hamu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Proyek Pembangunan Labkesda Segera Berkontrak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa tahun 2024 ini...

Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Dr....