Bupati : Target Pendapatan Harus Mendekati Realisasi

Date:

bupati-sumbawa-sambut-baik-keberhasilan-kegiatan-tmmd-ke-97
Keberhasilan kegiatan TMMD ke-97

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Kaitan dengan penerimaan dalam menentukan pendapatan daerah, tentu harus ada asumsi yang diketahui trend kenaikan minimal 3 tahun yang kedua potensi yang tersedia, contohnya dari bidang kehutanan, kemudian jasa jembatan timbang yang macet akibat tidak dialokasikannya anggaran perbaikan fasilitas jembatan timbang. Artinya bukan karena potensi tidak ada, tapi potensi itu tidak dioptimalkan. Sehingga target pendapatan yang disusun dan direncanakan harus mendekati kebenaran dengan realisasinya.

“Ketika tergetnya terlalu besar atau tidak sesuai dengan realita pendapatn yang ada, maka hal itu akan berepengaruh terhadap rencana belanja daerah, lebih  bagus  jika perencanaan yang dilakukan mendekati realisasi, dari pada targetnya terlalu tinggi tetapi tidak tercapai,”. ujar Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril BSc kepada wartawan, saat ditanya tentang sumber potensi pendapatan daerah. Rabu (16/11/2016)

Baca juga:  Pembenahan Jalan Osap Sio Mulai Dikerjakan

Terkait dugaan dana DAK Kabupaten Sumbawa yang mengalami penurunan, bupati menjelaskan, setelah ditelusuri ternyata bukan pengurangan.

“Sepertinya salah masuk, contoh ada DAK yang peruntukannya rata-rata tiap kabupaten mendapatkan alokasi sebesar 3 milyar, kita hanya meminta 5 milyar, tapi oleh pemerintah pusat diberikan 10 milyar, kami menilai ini tidak lazim karena biasanya tiap tahun kabupaten hanya mendapatkan 2 hingga 3 milyar rupiah. Adapun  DAK yang 26 milyar itu usulan bupati, ada salah masuk yang semestinya hanya 3 milaran saja, sama dengan kabupaten lain, kok tertera 10 milyar Sumbawa saja,” terangnya.

Baca juga:  Wabup Sumbawa Sebut Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Stunting

Ditambahkan, terkait hal itu pihaknya akan mengkonfirmasi ke pemerintah pusat untuk dialihkan, karena pengalihan anggaran tersebut menurut aturan dibenarkan. Apalagi anggarannyamasih dalam proses pembahasan dan belum ditetapkan.

“DAK 26 milyar bukan merupakan jatah tetapi merupakan usulan  bupati kepada pempus dengan berbagai item kegiatan. Apakah yang 10 milyar itu merupakan unsur kesengajaan, tetapi kalau kita mendapatkan 10 milyar itu sudah bagus,” tandas Bupati. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sekda Apresiasi KPK Beri Pendidikan Antikorupsi Pada Masyarakat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa mengikuti...

Wabup Sumbawa Sebut Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kader posyandu menjadi ujung tombak...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...