Terkait Tata Kelola Anggaran, KPU Sumbawa Study Banding ke Bandung

Date:

study-banding-kpu-sumbawaSumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa melakukan study banding ke KPU Kota Bandung. Pada kunjungan ke KPU Bandung, Kamis (13/10) lalu, tidak ketinggalan sekretaris KPU Sumbawa, Lahmuddin, SE  yang selama ini menjadi salah satu aktor penting di balik suksesnya kinerja Sekretariat KPU Kabupaten Sumbawa juga ikut bersama rombongan.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Sukri Rahmat, S.Ag menjelaskan, study banding yang dilaksanakan terfokus pada tata kelola anggaran. Karena KPU Sumbawa menilai problematika KPU Kota Bandung dalam pengelolaan anggaran Pilkada lebih rumit dibandingkan KPU Kabupaten Sumbawa. Namun pelaksanaan Pilkadanya tetap berjalan lancar dan sukses.

Dikatakan, dari jumlah pemilih misalnya, jumlah penduduk Kota Bandung yang mencapai 2,4 juta jiwa dengan pemilih 1,7 juta. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan penduduk Kabupaten Sumbawa yang hanya berjumlah 501 ribu jiwa dengan pemilih berjumlah 325.428 jiwa. Begitu juga jumlah kecamatannya. Di Bandung sebanyak 30 kecamatan, lebih banyak dibandingkan Kabupaten Sumbawa yang berjumlah 24 kecamatan. Jumlah TPS di Kota Bandung mencapai 4500, sedangkan Sumbawa hanya 861 TPS. Untuk anggaran Pilkadanya senilai Rp. 55 miliar dan terserap senilai Rp. 36 miliar. Sedangkan Kabupaten Sumbawa anggaran yang dikelola saat Pilkada hanya Rp. 17 miliar.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa Canangkan PIN Polio 2024

“Kami marasa cukup penting, karena bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman KPU Kota Bandung. dimana problematika disana kayaknya lebih rumit dibandingkan di KPU Sumbawa,” kata Syukri.

Dari hasil kunjungan tersebut Sukri bersama seluruh komisioner KPU lainnya mengaku mendapat pelajaran berharga dalam hal pengeolaan anggaran Pilkada. KPU Sumbawa mendapat ilmu tambahan tentang pola manajement pengelolaan anggaran yang cukup professional.

Baca juga:  Wabup Sumbawa Serahkan Zakat, Infak, dan Sedekah Kepada Anak Yatim Tahun 2024

Syukri mengaku, kunjungan para komisioer KPU Sumbawa tampaknya dimanfaatkan juga oleh para komisioner KPU Kota Bandung untuk belajar. Terutama dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu. Terlebih KPU Sumbawa diakui menjadi salah satu penyelenggaran terbaik di Indonesia pada Pilkada serentak akhir tahun 2015 lalu. Bahkan menjadi satu-satunya KPU yang melaksanakan debat terbuka di area publik sebanyak tiga kali.

“Insya Allah mereka juga berjanji akan berkunjung ke KPU Kabupaten Sumbawa,” tandas Syukri. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Sampaikan Penjelaskan Perubahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa - Drs.H.Mahmud menghadiri...

Pemkab Sumbawa Adakan Kapal untuk 8 KUB

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

Sambut Sail Indonesia 2024, Pemkab Sumbawa Bertemu Menkomarves dan KSAL

Jakarta, Kabarsumbawa.com -Dalam rangka mensukseskan sail to Indonesia 13-18...

Satpol PP Sumbawa Gelar Operasi Gabungan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol...