Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sumbawa Buka Polikllinik Sore

Date:

dr. Selvi  Direktur RSUD Sumbawa
dr. Selvi
Direktur RSUD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Upaya RSUD Sumbawa untuk memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat terus dilakukan. Salah satunya membuka layanan poliklinik sore, yang rencananya dilaksanakan satu kali seminggu, atau setiap hari Jumat sore.

Direktur RSUD Sumbawa dr. Selvi Jumat (29/4) kemarin, menjelaskan, dibukanya poliklinik sore ini merupakan ide dan gagasan dari salah seorang dokter di RSUD Sumbawa, karena dilihat cukup padatnya pelayanan di IGD. Bahkan pasien dengan kriteria bukan gawat daruratpun sering dilayani, terutama saat pelayanan seluruh poli di RSUD sudah tutup. ‘’Di IGD kendalanya ruangan sempit, tapi kunjungan pasiennya banyak. Dengan adanya poliklinik sore diharapkan pelayanan cepat, bagi pasien non IGD  juga bisa dilakukan,’’ ujarnya.

Menurutnya, tahap uji coba poliklinik sore akan dilakukan selama tiga bulan. Dibuka seminggu sekali, setiap hari Jumat. Karena pada hari tersebut, pelayanan poli RSUD cukup singkat karena tutup pukul 11.30 wita. Dengan dibukanya poli sore ini,maka pelayanan dapat dimulai pukul 14.00 wita hingga 20.00 wita.

Lebih lanjut dijelaskan, poliklinik sore ini akan melayani seluruh pasien dengan kriteria bukan gawat darurat. Dicontokan, misalnya ada pasien yang mengeluh sakit perut, maka akan diperiksa terlebih dahulu. Nanti baru diarahkan ke poli dalam untuk penanganan lebih lanjut

Ditambahkan, pihaknya akan melakukan evaluasi selama masa uji coba dilaksanakan. Evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui kendala apa saja yang ditemukan. Terutama di internal RSUD soal SDM, baik Dokter maupun perawat yang bertugas. Ini juga dilakukan sambil melihat respon dari masyarakat terhadap dibukanya poliklinik sore ini. ‘’Kita juga ingin mengetahui tanggapan dari masyarakat terhadap hal itu. Namun yang jelas untuk tiga bulan ini, kami akan melihat di internal kami dulu. Kalau semuanya bagus, mungkin kita akan tambah waktu pelayanan sore harinya,’’ tandasnya. (KS/YD)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Proyek Pembangunan Labkesda Segera Berkontrak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa tahun 2024 ini...

Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Dr....