Polisi Ringkus Pembuat SIM Palsu

Date:

Tersangka Pembuat SIM Palsu
Dr (52) warga Desa Jompong dan Al (25) warga Desa Muer Tersangka Pembuat SIM Palsu

SIM Palsu Dibanderol Rp1,5 Juta

Sumbawa Besar. Kabar Sumbawa — Dua orang  pembuat SIM Palsu yakni Dr (52) warga Desa Jompong dan Al (25) warga Desa Muer Kecamatan Plampang terpaksa harus menjalani malam Mapolres Sumbawa. Pasalnya kedua orang tersebut diamankan aparat penegak hukum setelah diketahui menjadi otak dalam pembuatan SIM palsu.

Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tri Prasetiyo, Jum’at (29/4) mengatakan bahwa, setelah melakukan penyelidikan pihaknya menyebutkan bahwa, HAP pernah ditawarkan untuk membuat SIM oleh Dr. Setelah itu, Dr menyuruh AI untuk membuat SIM tersebut. Dalam hal ini, para pelakunya sengaja mengambil keuntungan dengan membuat SIM palsu. SIM ini dijual kepada masyarakat dengan harga Rp1,5 juta. “Kedua tersangka ini kami tangkap di rumahnya masing-masing. Sementara ini yang diduga sebagai otaknya adalah Dr,” terangnya.

Baca juga:  Polsek Sumbawa Pantau Aktivitas Masyarakat di Tempat Wisata

Menurut pengakuan dari Dr dan AI, keduanya baru membuat SIM palsu untuk HAP saja. Meski demikian, polisi tetap mencurigai bahwa praktik seperti ini juga sudah pernah dilakukan keduanya. Untuk diketahui, SIM palsu ini dibuat dengan cara menscan SIM yang asli. Kemudian diedit dan ditumpuk-tumpuk agar kelihatan tebal. Setelah itu barulah dilaminating. Selain kedua pelaku, tidak menutup kemungkinan pengguna SIM palsu ini juga akan dikenakan pidana. ‘’Tidak hanya sekedar SIM. KTP, akta, surat keterangan dan yang lain-lain, apabila palsu maka akan diproses,” pungkasnya

Baca juga:  Kejari Sumbawa Musnahkan Barang Bukti dari 45 Perkara

Seperti diberitakan sebelumnya, terungkapnya identitas kedua pembuat SIM palsu ini berawal dari diamankannya seorang pengemudi berinisial HAP, warga Desa Muer yang terjaring razia kendaraan bermotor di Kota Sumbawa. Petugas curiga karena SIM yang digunakan HAP berbeda dari aslinya karena spesifikasinya tidak sesuai ketentuan yang ada selama ini. (Ron)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Diduga Cabuli Anak Tetangga, Pria Ini Diamankan Polisi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seorang pria berisial IN (45)...

Kejari Sumbawa Musnahkan Barang Bukti dari 45 Perkara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kejaksaan Negeri Sumbawa (Kejari) melalukan...

Halal Bihalal, Kapolres Sumbawa Puji Pelayanan Maksimal Anggota pada Masyarakat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Usai perayaan Idul Fitri 1445...

Polsek Sumbawa Pantau Aktivitas Masyarakat di Tempat Wisata

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Polsek Sumbawa melakukan pamantauan aktivitas...