DLH Fokus Hijaukan Pesisir Cegah Abrasi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.comn- Tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa, fokus melakukan penghijauan di kawasan pesisir pantai. Dengan cara melakukan penanaman bibit bakau (mangrove). Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya abrasi pantai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, Syafruddin Nur mengatakan, tahun ini tidak ada program khusus penghijauan karena keterbatasan anggaran. Namun, pihaknya terus berupaya untuk melakukan penghijauan di taman-taman dalam Kota Sumbawa. Selain itu, pihaknya juga lebih fokus melakukan penghijauan di kawasan pantai. Yakni dengan melakukan penanaman bibit bakau (mangrove).

Baca juga:  Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

“Penghijauan di bibir pantai kami lakukan bersama pihak desa dan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA),” ujar Syafruddin, Senin (10/6/2024).

Menurutnya, program literasi hijau belum diterapkan di Kabupaten Sumbawa. Dalam hal ini, pihaknya tetap berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti desa untuk melakukan penghijauan. Khususnya desa yang telah ditetapkan sebagai Kampung Iklim (Proklim).

Syafruddin menegaskan, penghijauan difokuskan pada wilayah pantai dikarenakan berbagai alasan. Seperti untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Kemudian sebagai habitat ekosistem laut. Juga untuk menyerap emosi gas karbon.

Karena, jelas Syafruddin, tanaman bakau memiliki kemampuan lima kali lebih baik dalam menyerap emosi karbon, dibandingkan hutan tropis. Juga untuk menambah pendapatan masyarakat yang ada di pesisir pantai.

Baca juga:  Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Ditargetkan kedepannya, akan melakukan penghijauan di kawasan konservasi, daerah aliran sungai, ruang terbuka hijau dan lokasi Proklim. Program ini akan dapat berjalan, jika didukung dengan anggaran.

“Tapi karena anggarannya terbatas tahun ini, tidak bisa dilaksanakan. Hanya ada pengadaan bibit senilai Rp 170 juta dari dana aspirasi. Karena itu tahun ini kami fokus pada penanaman mangrove saja,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...