Wujudkan Zero Waste, Bupati Sumbawa Luncurkan Truk Sampah Desa Langam

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -,Pemukulang gong dan pengguntingan pita oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menandai peluncuran Truk Sampah Desa Langam Kecamatan Lopok, Sabtu (29/06/2024) pagi.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Langam, itu, dihadiri urut beberapa perangkat daerah antara lain Kadis PMD, Kadis Pertanian, Kadis PRKP, Kadis Peternakan dan Keswan serta yang mewakili Kadis PUPR, Kadis LH, Kadis KUKMIndag dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, bupati memberikan apresiasu kepada Kepala Desa Langam dan jajarannya sebagai desa pertama di Kabupaten Sumbawa yang menginisiasi upaya penanganan sampah dan kebersihan lingkungan dengan pembelian truk sampah melalui APBDes.

Menurutnya, masalah sampah dan kebersihan lingkungan adalah salah satu program yang harus dilakukan bersama-sama oleh Pemerintah dan masyarakat. Dengan adanya truk sampah Desa Langam tentu juga harus didukung oleh program dari dinas instansi terkait agar upaya mewujudkan zero waste di Desa Langam khususnya dan Kabupaten Sumbawa umumnya dapat berjalan sesuai yang diharapkan bersama.

Baca juga:  Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

“Dinas instasi terkait agar membantu Kepala Desa Langam untuk mewujudkan program zero waste 2024 dengan programnya masing-masing, dan apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Langam dapat dicontoh atau direplikasikan di desa lainnya di Kabupaten Sumbawa”, pungkas Haji Mo.

Sebelumnya, Kepala Desa Langam Sahuddin melaporkan dalam sambutannya bahwa Truk Sampah yang dilaounching hari ini adalah berasal dari APBDes Desa Langam Tahun Anggaran 2024 dengan nilai 404 Juta Rupiah.

“Sebagai salah satu Desa Cerdas dan Desa Mandiri di Indonesia, salah satunya adalah mewujudkan kebersihan lingkungan dan bebas sampah sebagaimana yang kami canangkan tahun ini”, papar Kades Langam.

Baca juga:  Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Terlebih di Desa Langam terdapat salah satu pasar besar di Kabupaten Sumbawa yang juga berpotensi bagi peningkatan ekonomi masyarakat, pendapatan daerah maupun desa, sekaligus berpotensi sebagai sumber sampah tiap harinya, lanjutnya.

“Oleh karena itu, dengan adanya truk sampah ini kami berharap melalui BUMDes Desa Langam dan Dinas Koperindag agar dapat menjalin kerjasama dalam pengelolaan sampah pasar maupun lainnya. Demikian pula kami berharap pula kepada Dinas LH untuk membina kami dalam pengelolaan sampah” ujar Sahuddin.

Lebih lanjut ia mengharapkan agar Dinas Pertanian dapat membantu penguatan jalan usaha tani yang nanti akan dilalui juga oleh truk sampah menuju ke TPA. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...