Sumbawa dan KSB Bakal Kedatangan Beras Impor dari Vietnam

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) direncanakan akan mendapatkan jatah beras impor dari vietnam. Saat ini beras tersebut masih proses bongkar muat dari Pelabuhan Lembar.

“kita Bulog Sumbawa mau dikirimkan 1.000 ton rencananya. Tapi saat ini masih proses bongkar muat di Lembar, setelah itu masuk gudang,” kata Pimpinan Cabang Bulog Sumbawa, Zuhri Hanafi, Rabu (03/04/2024) di ruang kerjanya.

Dikatakan, beras tersebut digunakan untuk kebutuhan Bantuan Pangan (Bapang) Tahun 2024 tahap II yakni Bulan April, Mei dan Juni. Kebutuhan dua kabupaten wilayah kerja Bulog Sumbawa sekitar 700 ton per bulan.

Baca juga:  Bandara Sumbawa Simulasi PKD Keamanan dan Keselamatan Penerbangan

“Itu untuk kebetuhan Bantuan Pangan Bulan April Mei, Juni sambil kita penyerapan. Stok sendiri kita masih ada 400 ton dari Luar Negeri (LN) juga, ditambah 1.000 itu cukup untuk 2 bulan,” jelasnya.

Terkait kualitas beras impor, menurutnya cukup bagus. Di mana, kualitasnya masih berada di atas beras Dalam Negeri (DN), bahkan masuk ketegori premium dengan tingkat kerusakan hanya 5 persen, sementara beras DN berada di angka 20 persen.
“Malah lebih bagus, masuk ke dalam kategori premium. Masyarakat bisa merasakan sendiri, kerena mereka yang terima bantuan pangan ini,” tukasnya.

Baca juga:  Bulog Sumbawa Tuntaskan Penyaluran Bapang CBP Tahun 2024 Tahap I dan II

Terkait penyerapan gabah tambahnya, pihaknya telah malaksanakan rapat dengan para mitra. Di mana, dalam rapat tersebut, disepakati pembelian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dalam proses panen, pasti kita akan melakukan pembelian gabah/beras. Awal dari persiapan itu kita panggil mitra-mitra Bulog untuk melakukan kesepakatan proses pembelian ditingkat petani sesuai dengan HPP yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni harga Gabah Kering Panen (GKP) Rp 5.300 ditingkat petani, dan Gabah Kering Giling (GKG) Rp 6.300,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Banjir Poin dan Bonus Menarik, Segera Beli Tiket MotoGP di Aplikasi MyPertamina

Lombok, Kabarsumbawa.com - Gelaran MotoGP kembali hadir tahun ini...

Bandara Sumbawa Simulasi PKD Keamanan dan Keselamatan Penerbangan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bandara Sultah Muhammad Kaharuddin Sumbawa...

Bulog Sumbawa Tuntaskan Penyaluran Bapang CBP Tahun 2024 Tahap I dan II

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Perum Bulog Kantor Cabang (Kancab)...

Massa Aksi Tuntut Segera Serap Jagung Petani, Bulog Sumbawa Tunggu Anggaran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Serikat Tani Mandiri Sumbawa (Sektimas)...