Siap Serap Gabah, Bulog Pastikan Mitra Beli Sesuai HPP

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Perum Bulog Kancab Sumbawa siap melakukan penyerapan gabah petani. Pembelian dipastikan sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang telah ditetapkan.

Pemimpin Cabang Bulog Sumbawa, Zuhri Hanafi, menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan pertemuan dengan para mitra untuk membahas beberapa hal terkait penyerapan di lapangan.

“Dalam proses panen, pasti kita akan melakukan pembelian gabah/beras. Awal dari persiapan itu kita panggil mitra-mitra Bulog untuk melakukan kesepakatan proses pembelian ditingkat petani sesuai dengan HPP yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni harga Gabah Kering Panen (GKP) Rp 5.300 ditingkat petani, dan Gabah Kering Giling (GKG) Rp 6.300,” jelasnya kepada wartawan.

Baca juga:  Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Dikatakan, beberapa mitra sudah mulai melalukan penandatangan kontrak dengan Bulog. Artinya, penyerapan sudah bisa dilakukan, namun lebih masifnya di laksanakan setelah lebaran.

“Penyerapankan mulai ada beberapa mitra yang sudah kontrak hari ini dengan harga Rp 9.950 untuk beras di pintu gudang bulog. Masifnya nanti selesai lebaran,” ujarnya.

Baca juga:  Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Guna mamastikan pembelian di lapangan susuai dengan HPP, pihaknya akan malakukan penyerbaran informasi secara masif kepada petani, melalui pemasangan baliho berisikan informasi pembelian gabah.

“Jadi mitra nanti kita buatkan sepanduk informasi HPP dan akan dipasang di masing-masing mitra. Sehingga dasar itulah untuk pembelian. Jadi mitra membeli sesuai yang ditetapkan pemerintah, ditingkat petani berapa, tingkat penggiling berapa, ditingkat Bulog berapa sudah ada di baliho,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Kabarsumbawa.com - Selama periode arus mudik tanggal 25 Maret...

Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Guna menambah rasa aman dan nyaman...

Pertamina Patra Niaga Bersama BPH Migas dan ESDM Pastikan Kesiapan Energi Jelang Idulfitri di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memantau kesiapan dan kehandalan...

Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi Tetap Aman Pasca Gempa di Dompu

Dompu, Kabarsumbawa.com – Pasca Gempa Bumi bermagnitude 5,2 SR...