Sekda Sumbawa Buka Festival Bedug Dadakan dan Sholawat Antar Kelurahan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Festival Bedug Dadakan (Baguba) dan Sholawat antar Kelurahan se Kecamatan Sumbawa resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos., M.AP., Sabtu (30/03/2024) pagi ini di Simpang 3 Tanggul Transito.

Acara pembukaan yang dihadiri oleh Camat Sumbawa, Lurah Lempeh dan Brang Buji, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta aparat keamanan dan peserta lainnya, menjadi momen penting dalam memeriahkan bulan suci Ramadan 1445 H.

Dalam sambutannya, Sekda Sumbawa memberikan apresiasi kepada Pemuda Pemudi Transito atas terselenggaranya kegiatan ini.

Sekda menilai, pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk penyebarluasan syiar islam dengan cara mentradisikan bedug dadakan (Baguba) dan Sholawat.

Baca juga:  Jelang Puncak Libur Lebaran, Polres Sumbawa Siagakan Personel Amankan Objek wisata

Tidak kalah penting menurut sekda, memanfaatkan potensi wilayah dan lingkungan kota sebagai tempat berinovasi. Di mana, Pemerintah, harus adaptif, tangkas, dan bersinergi dengan masyarakat untuk mewujudkan kemajuan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan ini, ia berkeinginan untuk melaksanakan festival serupa di seluruh Kabupaten Sumbawa, dengan melibatkan Pemuda Pemudi Transito dalam pelaksanaanya.

Sekda berharap, Festival Bedug Dadakan (Baguba) dan Sholawat antar Kelurahan ini, dapat menjadi wahana yang mempererat tali silaturahmi antarwarga serta menguatkan kebersamaan dalam merayakan keindahan Ramadan.

Ketua Panitia, Dimas Agung Setiaji Murdiono, mengatakan, festival ini bertujuan untuk menginspirasi kebaikan dan berbagi dalam semarak Ramadan. Melalui tema “Menginspirasi Kebaikan, dan Berbagi Dalam Semarak Ramadan”, festival ini diharapkan mampu menyatukan masyarakat dalam semangat kebersamaan dan kebaikan.

Baca juga:  Jelang Puncak Libur Lebaran, Polres Sumbawa Siagakan Personel Amankan Objek wisata

Dijelaskan, ada dua cabang yang diperlombakan di dalam festival yakni, Lomba Bedug Dadakan (Baguba) dan Lomba Sholawat. Para peserta memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Adapun syarat dan ketentuannya, untuk lomba bedug dadakan, peserta hanya boleh diikuti laki-laki maksimal 2 orang dengan durasi tampil maksimal 8 menit. Sementara untuk lomba sholawat, peserta grup minimal 7 orang dan maksimal 11 orang dengan penampilan peserta maksimal 10 menit (1 lagu).

Melalui kesempatan ini, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Jelang Puncak Libur Lebaran, Polres Sumbawa Siagakan Personel Amankan Objek wisata

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Masa liburan yang sebentar lagi...

Polres Sumbawa Sita Ratusan Botol Miras Saat Malam Takbiran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Ratusan botol miras dari berbagai...

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Mudik Lebaran, Polres Sumbawa Tingkatkan Patroli di Obyek Vital

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Polres Sumbawa melalui Personel yang...