Tangani Wilayah Terdampak Banjir, BPBD Salurkan Ribuan Bronjong

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Untuk menangani wilayah terdampak banjir seperti, Kecamatan Buer, Kecamatan Alas dan kecamatan lainnya, Pemda Sumbawa melalui BPBD menyalurkan 5.000 bronjong.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa Muhammad Nurhidayat mengungkapkan, bronjong tersebut bersumber dari BWS NT 1 NTB untuk penanganan sungai terutama pada wilayah yang terdampak banjir beberapa waktu lalu.

Rinciannya, sebanyak 2.000 bronjong didistribusikan ke titik-titik di empat desa yang dilanda banjir yakni Desa Jurumapin, Desa Kalabeso, Labuhan Burung dan Desa Marentre. Sementara 3.000 bronjong disalurkan untuk wilayah lain yang terdampak banjir.

Pasca banjir yang melanda kondisi alur sungai sudah terbentuk oleh aliran alam. Sehingga pihaknya ingin merekayasa agar alur aliran tersebut menjadi lurus untuk mempercepat larinya air ke muara sungai.

Dia mengakui kebutuhan bronjong saat ini masih kurang untuk penanganan di wilayah lainnya. Namun dengan adanya bantuan dari BWS ini pihaknya merasa sangat terbantu.

Sementara itu, Kepala Desa Kalabeso Sirajuddin menyampaikan rasa terima kasih kepada BPBD Kabupaten Sumbawa dan BWS NT 1 NTB yang turut membantu wilayahnya yang terdampak banjir baik itu pembersihan sampah maupun bronjong.

Pemasangan bronjong untuk desa-desa yang terdampak banjir ini akan dilakukan secepatnya dan disesuaikan dengan kebutuhan tanggap darurat setiap desa guna mencegah terjadinya erosi di wilayah bantaran sungai yang berdampak pada kerugian yang lebih besar pada masyarakat. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...