Perusahaan Wajib Laporkan Lowongan Pekerjaan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Sumbawa meminta agar perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sumbawa untuk melakukan wajib lowongan pekerjaan, termasuk penggunaan tenaga kerja.

“kami ingin menekankan juga kepada semua perusahaan untuk melakukan wajib lapor ketenagakerjaan,” kata Kepala Disnakertrans Sumbawa, Dr. Budi Prasetiyo, didampingi Kabid Latas, Junaidi, M.Pd, Kamis (11/01/2024) di ruang kerjanya.

Kewajiban tersebut jelas kadis, sesuai dengan Perpres nomor 57 tahun 2023 tentang Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan. Di mana, dalam pasal 15 dijelaskan bahwa, pemerintah daerah kabupaten/kota memiliki sejumlah tugas dan tanggungjawan terkait hal itu.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Seperti, melalukan pembinaan kepada pemberi kerja untuk memenuhi kewajiban melaporkan lowongan perkejaan melalui Sistem Informasi Ketenagakerjaan. Melakukan verifikasi lowongan pekerjaan. Menyebarluaskan lowongan pekerjaan melalui sistem informasi ketenagakerjaan.

Kemudian, memanfaatkan informasi lowongan pekerjaan untuk perencanaan tenaga kerja, penempatan tenaga kerja, pelaporan informasi pasar kerja, analisis pasar kerja, dan analisis jabatan. Melalukan pembinaan pengantar kerja dan/ atau petugas antarkerja dalam satu daerah.

Baca juga:  Bupati Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Osap Sio

Selanjutnya, melakukan monitoring dan evaluasi kepada pemberi kerja terkait kewajiban melaporkan lowongan pekerjaan. Memberi sanksi kepada pemberi kerja yang tidak mematuhi kewajibannya tersebut.

“ita ingin memaksimalkan dalam rangka menekan laju pengangguran, sehingga kita bisa berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sumber daya,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sekda Apresiasi KPK Beri Pendidikan Antikorupsi Pada Masyarakat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa mengikuti...

Wabup Sumbawa Sebut Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kader posyandu menjadi ujung tombak...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...