Perusahaan Wajib Laporkan Lowongan Pekerjaan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Sumbawa meminta agar perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sumbawa untuk melakukan wajib lowongan pekerjaan, termasuk penggunaan tenaga kerja.

“kami ingin menekankan juga kepada semua perusahaan untuk melakukan wajib lapor ketenagakerjaan,” kata Kepala Disnakertrans Sumbawa, Dr. Budi Prasetiyo, didampingi Kabid Latas, Junaidi, M.Pd, Kamis (11/01/2024) di ruang kerjanya.

Kewajiban tersebut jelas kadis, sesuai dengan Perpres nomor 57 tahun 2023 tentang Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan. Di mana, dalam pasal 15 dijelaskan bahwa, pemerintah daerah kabupaten/kota memiliki sejumlah tugas dan tanggungjawan terkait hal itu.

Seperti, melalukan pembinaan kepada pemberi kerja untuk memenuhi kewajiban melaporkan lowongan perkejaan melalui Sistem Informasi Ketenagakerjaan. Melakukan verifikasi lowongan pekerjaan. Menyebarluaskan lowongan pekerjaan melalui sistem informasi ketenagakerjaan.

Kemudian, memanfaatkan informasi lowongan pekerjaan untuk perencanaan tenaga kerja, penempatan tenaga kerja, pelaporan informasi pasar kerja, analisis pasar kerja, dan analisis jabatan. Melalukan pembinaan pengantar kerja dan/ atau petugas antarkerja dalam satu daerah.

Selanjutnya, melakukan monitoring dan evaluasi kepada pemberi kerja terkait kewajiban melaporkan lowongan pekerjaan. Memberi sanksi kepada pemberi kerja yang tidak mematuhi kewajibannya tersebut.

“ita ingin memaksimalkan dalam rangka menekan laju pengangguran, sehingga kita bisa berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sumber daya,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...