Hati-hati! Modus Penipuan Gunakan Nama Ketua DPRD Sumbawa, Advokat Nyaris Jadi Korban

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Di era digital yang pesat ini, kemajuan teknologi juga membawa dampak negatif sekaligus tantangan baru, salah satunya adalah meningkatnya modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat. Fenomena ini menjadi risiko serius dalam pemanfaatan teknologi informasi, dan perlunya kesadaran masyarakat akan upaya-upaya penipuan yang semakin canggih.

Modus penipuan yang melibatkan penggunaan nama dan identitas pejabat pemerintah cukup mengkhawatirkan. Para pelaku semakin mahir dalam memanfaatkan media sosial, terutama WhatsApp, untuk menyebarkan pesan atau panggilan palsu menyasar korbannya.

Terbaru, oknum yang tidak bertanggungjawab itu mengatasnamakan Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq, S.H.l., aksi kejahatannya itu, hampir memakan korban, salah satunya advokat muda Muhammad Isnaini, SH. Beruntung, ia segera menyadari aksi yang dilakukan oleh pelaku.

Baca juga:  Periode Januari - Juni 2024, Dirjen Imigrasi Catat Lonjakan Kedatangan WNA ke Indonesia

“niatnya mau nipu. Beruntung saya punya nomor asli pak Rafiq, dan saya curiga, karena khas pak Rafiq komunikasi tidak nampak. Akhirnya saya telpon beliau. Kebetulan saya bersahabat sudah lama dengan beliau, jadi khas komunikasi beliau, suara beliau saya kenali,” kata Imsu sapaan akrab Dikertur Kantor Hukum Muhammad Isnaini, SH & Rekan.

Lanjutnya advokat yang sedang naik daun ini, penipu tersebut sempat menanyakan perihal PT. Sumbawa Bangkit Sejahtera (PT.SBS). Selanjutnya juga, meminta tiket pesawat tujuan Mataram. Namun, semua itu tidak ia turuti.

“penipu sempat telponan sama saya, dia bilang saya Ketua DPRD Sumbawa, mau nanya mengenai PT. SBS, ke siapa saya konfirmasi, ke management atau ke pak Ismu selalu kuasa hukumnya. Kemudian saya tanya balik, ini pak Rafiq apa bukan atau staff beliau, soalnya beliau gak begini komunikasi,” ungkap Ismu menirukan percakapannya dengan oknum penipu tersebut.

Baca juga:  Dua Terduga Pelaku Pencurian Uang Rp 500 Juta Diringkus Polisi di Alas

Terpisah, Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq, SH., mengaku geram atas aksi tersebut. Ia memastikan itu bukanlah dirinya. “Itu bukan nomor saya, dari foto profil whatsappnya sudah berbeda, saya pake foto bersama istri,” ujarnya.

Menurutnya, banyak sekali modus penipuan mengatasnamakan pejabat pemerintah. Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada terhadap modus-mudus penipuan semacam ini.

“Saya sudah telpon nomor yang bersangkutan. Saya sangat keberatan, bisa saya laporkan ke pihak berwajib. Kalau nanti ada yang hubungi atas nama saya, langsung saja konfirmasi ke saya,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Terduga Pelaku Pencurian Uang Rp 500 Juta Diringkus Polisi di Alas

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dua orang pria berinisial A...

Polres Sumbawa Gelar Pasukan Operasi Patuh Rinjani 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Polres Sumbawa Polda NTB menggelar...

Periode Januari – Juni 2024, Dirjen Imigrasi Catat Lonjakan Kedatangan WNA ke Indonesia

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Direktorat Jenderal Imigrasi mencatat lonjakan kedatangan...

KPK Perkuat Edukasi Antikorupsi di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menguatkan...