Bupati Sumbawa Sebut DMI Miliki Peran Penting Memajukan Masjid

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sumbawa masa khidmat 2023—2028 resmi dilantik, Rabu (27/9) pagi ini. Bertempat di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa, pelantikan oleh Ketua Pengurus Wilayah DMI Provinsi NTB, Dr. Ir. H Mashur MS ini dilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Sumbawa.

Hadir menyaksikan Bupati Sumbawa, Wakil Bupati Sumbawa, Ketua DPRD dan Anggota Forkopimda, para Asisten Sekda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam arahannya, Dr. Ir. H Mashur MS mengucapkan selamat kepada pengurus DMI Sumbawa yang baru dilantik dan berharap bisa melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya.

Doktor Mashur mengingatkan beberapa hal. Di antaranya aktivitas DMI Sumbawa harus terus berlangsung, dan melakukan konsolidasi organisasi, dengan membentuk pengurus Dewan Masjid hingga tingkat desa dan kelurahan.

“Alhamdulillah di Kabupaten Sumbawa sudah terbentuk DMI tingkat Kecamatan. Ini bisa ditindaklanjuti dengan pembentukan dewan masjid desa dan kelurahan, disertai dengan identifikasi dan inventarisasi masjid yang ada,” ujarnya mengingatkan.

Sementara Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya mengatakan bahwa Dewan Masjid Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan masjid-masjid sebagai pusat aktivitas keagamaan, pendidikan, dan sosial budaya di Kabupaten Sumbawa. “Saya mengucapkan selamat kepada Pengurus DMI Kabupaten Sumbawa yang baru dilantik, selamat melaksanakan amanah ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi,” ucapnya.

Baca juga:  Wabup Sumbawa Serahkan Zakat, Infak, dan Sedekah Kepada Anak Yatim Tahun 2024

Lebih jauh disebutkan, bahwa masjid adalah tempat suci yang tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat pengembangan karakter, pengetahuan, dan kesejahteraan masyarakat. dengan adanya Dewan Masjid Indonesia yang kuat. “Saya berharap masjid-masjid di Kabupaten Sumbawa akan semakin berperan dalam membangun moral, etika, dan kebaikan di tengah masyarakat kita,” ungkapnya.

Di bagian lain, Bupati menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Sumbawa, yang telah menjaga kondusifitas daerah, menjaga semangat kebersamaan dan kekompakan serta memberikan dukungan kepada pemerintah daerah sehingga berbagai program pembangunan dapat terlaksana dengan baik, bahkan mendapat pengakuan dan penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 140/SK/PW-DMI/VII/2023 Tanggal 3 Juli 2023 menetapkan Drs. Ahmad Syaichu Rauf sebagai Ketua, Dr. Supriyadi, S.HI., M.HI dan Refi S.Topulo selaku Sekretaris dan Asad H. Ahmad, ST sebagai Bendahara.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa Canangkan PIN Polio 2024

Dalam kepengurusan itu terdapat Dewan Pembina yaitu Bupati Sumbawa, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa, dan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Masjid Nurul Huda Sumbawa.

Kemudian Majelis Mustasyar dan Pakar terdiri dari Ir. H. Talifuddin M.Si, Dr. Drs. A. Rahman Alamudi, SH., M.Si., H.A. Rahman Mukhtar, SE., M.Sc., M.BA, Dr. H. Muhammad lkhsan Madjid, M.Pd., Dr. Muhammad Ikhsan Safitri, M. Sc., H. Varian Bintaro, S.Sos., M.Si., H. Sahril, S.Pd., M.Pd., H. Sahabuddin, S.Sos., M.Si, H.M. Ali Tunru, S.Sos. dan H. Suharli Anggaimangi, BA.

Kepengurusan ini juga terdiri dari beberapa bidang. Yaitu bidang Keanggotaan Kaderisasi dan Pembina Generasi Muda, Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Pemberdayaan Ekonomi, Bidang Dakwah dan Pembinaan Ummat, Bidang Zakat Infaq Shadaqah Hibah dan Wakaf, Bidang Peribadatan Pemakmuran dan Hukum Masjid. Selanjutnya Bidang Sosial Kesehatan dan Kemanusiaan, Bidang Hubungan Masyarakat, Kemitraan dan Kepustakaan, serta Bidang Pemberdayaan Muslimah dan Anak. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Sampaikan Penjelaskan Perubahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa - Drs.H.Mahmud menghadiri...

Pemkab Sumbawa Adakan Kapal untuk 8 KUB

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

Sambut Sail Indonesia 2024, Pemkab Sumbawa Bertemu Menkomarves dan KSAL

Jakarta, Kabarsumbawa.com -Dalam rangka mensukseskan sail to Indonesia 13-18...

Satpol PP Sumbawa Gelar Operasi Gabungan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol...