Pemda Sumbawa Bangun Kerja Sama dengan BNPT Budidaya Rumput Laut

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 6 kecamatan akan menjadi lokasi sentra budidaya rumput laut program kerjasama Pemerintah Kabupaten dengan investor.

Pemerintah kabupaten Sumbawa, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melakukan survey atau peninjauan lokasi yang akan dijadikan sentra budidaya rumput laut kerjasama dengan Badan Nasioanl Penanggulangan Teroris atau BNPT dan investor Swedia.

“Hari ini kita melakukan survey lokasi bersama tim dari BNPT yang rencananya akan melakukan kerjasama dengan kita dalam bidang budidaya rumput laut,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Sumbawa Rahmat Hidayat, S. Pi MT. Rabu (13/09/2023).

Baca juga:  Proyek Peningkatan Jalan SJP Lito dan Penyaring - Labu Sawo Ditender

Menurutnya, BNPT ingin bekerjasama dalam program budidaya rumput laut dengan Pemda Sumbawa, untuk memberdayakan masyarakat desa dimana lokasi budidaya dilaksanakan.

“Siang ini kita sudah sosialisasi bersama BNPT ke Dusun Tanjung Bila, Desa Labuhan Kuris, Kecamatan Lape, sekaligus meninjau lokasi,” kata kadis.

Sementara untuk Investor Swedia, kata kadis, bentuk kerjasamanya adalah produksi Karagenan. Bahan bakunya nanti dibeli dari masyarakat dengan sistem kerjasama dengan kelompok nelayan dan koperasi.

“Ada 6 kecamatan yang akan menjadi lokasi budidaya rumput laut tersebut. Semuanya lokasi strategis dan kondisi airnya cocok untuk budidaya rumput laut,” ungkapnya.

Baca juga:  Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

6 kecamatan yang akan menjadi lokasi sentra budidaya rumput laut tersebut adalah Pertama Labuhan Terujung Kecamatan Tarano, Labuhan Ujung Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang.

Labuhan Sangoro Kecamatan Maronge, Tanjung Bele, Kecamatan Moyo hilir, Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat dan Tanjung Bila Kecamatan Lape.

“Memang bisa saling menunjang karena untuk bisa berjalan operasional pabrik pengolahan Karagenan harus tersedia bahan baku yang cukup,” tutup kadis. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...