17.8 C
New York
Senin, September 25, 2023

Buy now

Pemda Sumbawa Luncurkan STBM Gesi Berketahanan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalukan deklataris 5 pilar STBM dan meluncurkan STBM Gesi yang bertehanan iklim. Kegiatan yang derlangsung, Senin (20/03/2023) di Lantai III Kantor Bupati itu, terselenggara atas kerja sama Pemda dengan Yayasan Plan Internasional Indonesia.

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kedutaan besar Australia untuk Indonesia, fist secretary infrastructure Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia, direktur eksekutif plan Indonesia beserta jajaran plan Sumbawa Gubernur Nusa Tenggara Barat atau yang mewakili, kepala Bappeda provinsi Nusa Tenggara Barat atau yang mewakili, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat atau yang mewakili, Kelompok kerja Perumahan permukiman air minum dan sanitasi provinsi Nusa Tenggara Barat atas dukungan dan kerjasama yang baik dalam mendorong percepatan kabupaten Sumbawa sebagai Kabupaten STBM.

Baca juga:  Fraksi PKS DPRD Sumbawa Dorong Pemda Optimalkan PAD dari Pernyertaan Modal BUMD

“Saat ini Kabupaten Sumbawa telah sukses mengimplementasikan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Tentu untuk mencapai titik ini memerlukan proses yang sangat panjang sejak tahun 2016 lalu, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui dinas terkait melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang urgensi sanitasi dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu kami sangat bersyukur atas capaian prestasi Pembangunan Daerah Kabupaten Sumbawa dalam upaya menuntaskan 5 Pilar STBM yang berkelanjutan dengan hasil verifikasi baik pada Pilar 1, Pilar 2, Pilar 3 serta Pilar 4 dan 5 STBM,” ungkap Bupati.

Baca juga:  Disnakeswan Sumbawa Tuntaskan Pengadaan Ternak Tahun 2023

Bupati Sumbawa menambahkan bahwa capaian prestasi ini tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sumbawa, peran Kecamatan, Desa/Kelurahan, BPD bersama seluruh kelompok kerja STBM, UPT di Kecamatan, sanitarian, lembaga kemasyarakatan Desa/Kelurahan serta dukungan dan perhatian dari mitra kerja pemerintah daerah yaitu Yayasan Plan Internasional Indonesia.

“Kabupaten Sumbawa yang telah berupaya mewujudkan capaian dan perubahan serta pemicuan dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan misi Sumbawa sehat dan cerdas melalui ikhtiar perubahan perilaku pemicuan serta pemberdayaan masyarakat dalam upaya penyelenggaraan sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya. (KS/San)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,870PengikutMengikuti
2,713PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Berita Terkini