Pemda Sumbawa Berencana Terapkan Pembayaran Parkir Digital

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana untuk menerapkan pembayaran parkir system digital. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan Pedapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir.

Kepala Dishub Sumbawa Drs. Zainal Abidin kepada wartawan, Selasa (21/02/2023) di ruang kerjanya mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan surat kepada Bupati Sumbawa terkait rencana ini.

“Kita tadi sudah bersurat ke pak Bupati, kita ingin mencoba, seperti yang ada di Mataram. Katanya sudah memakai QRIS untuk bayar perkir. Bayar cukup scan barcode,” ungkapnya.

Baca juga:  24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

Disebutkan, khusus di Kota Sumbawa saja terdapat 89 titik kantong perkir. Mulai dari jalan Kabupaten, Provinsi, hingga nasional. Dari jumlah titik tersebut, akan dilakukan uji coba dibeberapa titik. Jika dinilai berhasil, maka akan diterapkan di semua kantong parkir yang ada.

“totalnya ada 89 titik di dalam kota saja. Nanti mungkin kita coba di beberapa titik. Kalau berhasil, akan semua titik diterapkan,” terangnya.

Baca juga:  Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Jika tidak ada kendala tambahnya, uji coba akan dilakukan pertengahan tahun ini. Diharapkan, penerapan system pembayaran digital ini dapat memaksimalkan PAD dari retribusi parkir.

“Potensi PAD kisaran Rp 250 juta dari 89 titik parkir yang ada. Mungkin bisa kita laksanakan di pertengahan tahun. Nanti kita lihat perubahan ini apakah retribus akan bertambah. Jadi transparanlah istilahnya. Kita Dinas sudah tidak pegang uang, karena bayar parkir langsung ke kas daerah yakni Bank NTB,” pungkasnya. (KS/Ala)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com -  Sebanyak 24 anggota Panitia Pengawas...

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...