15 C
New York
Sabtu, September 23, 2023

Buy now

Langgar Perda, Dua Pengusaha Ayam Potong Dihukum Bayar Denda

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dua orang pengusaha ayam potong dijatuhkan hukuman bayar denda jutaan rupiah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sumbawa. Mereka dijatuhkan vosis selah terbukti bersalah melanggar Perda tentang lalu lintas ternak dan bahan asal ternak.

“Hari ini kita melaksanakan sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) terhadap 2 pelanggar Peraturan Daerah (Perda) di Pengadilan Negeri Kelas IB Sumbawa,” kata Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Sumbawa, M. Sukarman, STP, usai sidang, Selasa (21/02/2023).

Dikatakan, pelaksanaan sidang Tipiring dilakukan oleh Pengadilan Negeri Sumbawa dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP berdasarkan Kuasa Penuntut Umum.

Baca juga:  Wabup Sumbawa Sampaikan Penjelasan Bupati Terhadap R-APBD 2023

Selaku Penyidik lanjutnya, Sidang Tipiring dilakukan kepada para pelanggar perda Lalu lintas ternak dan/atau bahan asal ternak Ternakyang terdiri atas 2 pelaku usaha Ayam Potong.

“Para Pelaku telah berjualan memasukan bahan asal ternak daging ayam fresh tanpa dilengkapi dokumen dan izin sah dari pejabat yang berwenang dari kabupaten Lombok Timur menuju Kabupaten Sumbawa,” jelasnya.

Hal itu melanggar pasal 2 ayat (1) jo Pasal 19 ayat (1) Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang Lalu Lintas ternak dan/atau bahan asal ternak.

Baca juga:  Dikes Sumbawa Usulkan Pengadaan 10 Unit Ambulan Desa

Terpisah, Kepala Satpol PP Kabupaten Sumbawa, Abdul Haris, S.Sos, menjelaskan bahwa pelaksanaan sidang Tipiring kali ini dilakukan Meeting dan berjalan dengan lancar dan tertib.

Terdakwa dikenakan pidana denda sesuai dengan putusan hakim yaitu masing-masing sebesar RP. 7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah). Sedangkan hasil Pidana Denda Sidang Tipiring atas pelanggaran perda tersebut akan disetorkan ke Kas Negara.

“Warga Kabupaten Sumbawa wajib taat dan patuh terhadap Perda yang berlaku, karena kami akan tindak siapapun yang melanggar perda sesuai dengan ketentuan yang berlaku”. Tegasnya. (KS/Ardi)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,868PengikutMengikuti
2,713PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Berita Terkini