Safari Sertifikat Halal dan Baik, Pemda Sumbawa Tergetkan Layani 1.000 UMKM

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan menggelar Safari Sertifikat Halal dan Baik di Kecamatan Sumbawa. Melalui kegiatan tersebut, ditargetkan 1.000 UMKM mendapatkan sertifikat halal.

Kegiatan yang diawali di Kantor Kelurahan Lempeh, Rabu (15/02/2023) ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah. Turun hadir, Kepala Diskoperindag, Camat Sumbawa, Lurah Lempeh, dan para pelaku usaha.

Kepala Diskoperindag, Kabupaten Sumbawa Dr. Dedy Heriwibowo, S.Si., M.Si, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Safari Sertifikat Halal dan Baik ini merupakan salah satu dari 10 program unggulan Pemda Sumbawa. Sesuai visi misi, melalui program ini, produk-produk UMKM bisa berdaya saing.

“Di era sekarang ini, hanya dengan meningkatkan kualitas kita bisa memenangkan persaingan. Dengan cara mengikuti sertifikasi halal, maka mereka bisa bertahan. Jadi tidak sekedar untuk memenuhi ketertuangan aturan yang memang sudah di canangkan oleh pemerintah, nanti tahun 2024 semua orang-orang UMKM kita harus bersertifikat halal,” ungkapnya.

Baca juga:  Berikut Hasil Pengawasan Periode ke-3 Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Sumbawa 2024

Dikatakan pihaknya menargetkan 1.000 UMKM terlayani melalui kegiatan ini. Dengan estimasi 100 UMKM di masing-masing kelurahan, ditambah 200 pada pelayanan yang akan diselenggarakan di tiga pasar yakni Seketeng, Brang Biji dan Labuhan.

“Tergetkan bisa kita layani insya Allah 1.000 UMKM yang terdiri dari 800 di 8 kelurahan, dan sekitar 200 nanti penyelenggaraan yang kami targetkan di 3 pasar,” jelasnya.

Disebutkan, hingga awal tahun ini sebanyak 1.438 produk yang sudah diterbitkan sertifikat halal. Sehingga, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa semakin bertambah.

“Mudah-mudahan kedepan kita berikhtiar melalui program unggulan ini, UMKM kabupaten Sumbawa semakin berjaya dan berkembang,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya akselerasi sertifikasi halal bagi para pelaku usaha, karena makanan yang halal dan sehat merupakan hak bagi konsumen.

Baca juga:  Wabup Harapkan UMKM dan Koperasi Jadi Penggerak Ekonomi Daerah

Menurutnya, sertifikasi halal, aman dan sehat menjadi hal penting karena pada saat ini masih banyak beredar makanan baik pabrikan maupun non pabrikan yang tidak memenuhi syarat aman dan halal untuk dikonsumsi.

“Pemkab Sumbawa telah mencanangkan visi Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban pada tahun 2026. Salah satu program unggulan di dalamnya adalah Penggratisan Label BPOM, Label Halal, Jaminan Pemasaran bagi UMKM, Bantuan Kemandirian bagi Komunitas Milenial dan Pelaku Ekonomi Kreatif Start Up dan e-Commerce,” ungkapnya..

Bupati berharap kepada para pelaku usaha agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan ini, sebab sertifikat halal merupakan  bagian dari tanggung jawab pelaku usaha dalam mewujudkan pelayanan terbaiknya kepada konsumen. (KS/Ala)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Sumbawa Besar, Besar, Kabarsumbawa.com - Penanganan ruas Simpang Jalan...

Berikut Hasil Pengawasan Periode ke-3 Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten...