MEWUJUDKAN NILAI-NILAI pANCASILA UNTUK INDONESIA BERSATU DAN BERKEMAJUAN

Date:

Penulis : Nadya Aulia Isnaini – Mahasiswa PBSI FKIP UNSA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Hallo.. Apa kabr smua di sini sna akan membahas artikel tentang ” mewujudkan nilai nilai pancasila untuk indonesia bersatu dan berkemajuan”Yang dimna Pancasila itu merupakan ideologi dan dasar negara indonesia membuat nilai nilai yang terkandung didalamnya dijadikan sumber inspirasi kehidupan demi kelangsungan hidup yang baik bagi seluruh warga negara indonesia. karena Negara Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, ras dan budaya yang merupakan kekayaan bangsa juga harus dipelihara, dirawat, dan dijaga, dalam taman Bhineka Tunggal Ika.

Demikianlah juga dalam pandangan hidup, Pancasila harus menjadi alat pemersatu bangsa, karena dalam setiap sila sudah mengatur perilaku masyarakat Indonesia secara umum. Semua itu dilakukan agar semua kekayaan dan keragaman Indonesia tidak terpecah belahkan. Maka dari itu, dalam memperingati hari lahir pancasila pada tanggal 1 Juni dengan keterbukaan dan perdamaian merupakan momentum dari implementasi sila-sila dalam pancasila itu sendiri.Dengan keterbukaan dan kedewasaan fikiran kita dalam mengimplementasikan Pancasila, maka akan menjadikan Indonesia menjadi negara yang maju dan modern.

Dalam mewujudkan Indonesia maju membutuhkan kerjasama yang solid dari seluruh elemen masyarakat dengan meningkatkan persatuan dan senantiasa mengadopsi nilai Pancasila dalam bekerja dan membuat keputusan-keputusan pemerintah yang harmonis satu dengan lainnya. Karena setiap gerakan berbangsa dan bertanah air Pancasila hendaknya senantiasa hadir secara nyata dan diamalkan serta Pancasila merupakan pedoman bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sekaligus tujuan seluruh bangsa indonesia. Semua rakyat Indonesia memiliki hak yang sama di mata hukum, agama, masyarakat dan lainnya. Tidak ada perbedaan antara ras satu dengan yang lainnya. Sikap tenggang rasa dan saling tolong menolong harus diutamakan.Dengan nilai kemanusiaan yang dijunjung tinggi, dan saling menghargai pendapat masing-masing.

Nilai tersebut ada pada sila kedua yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam sila ketiga, terdapat beberapa nilai yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari seperti menggunakan bahasa persatuan Indonesia ketika berkomunikasi dengan berbeda-beda suku. Sila keempat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Dengan sila ini, mengajarkan kepada kita untuk bijaksana dalam memimpin suatu bangsa indonesia. Keputusan yang diambil harus berdasarkan musyawarah hingga mencapai kesepakatan bersama dan tidak memaksakan kehendak orang lain. Sila terakhir pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai-nilai dari sila ini dapat diwujudkan melalui perilaku yang adil di dalam setiap aspek kehidupan, baik di bidang ekonomi, sosial dan politik. Serta memberikan hak dan kewajiban kepada setiap orang.

Dalam hal ini ada pun cara mewujudkan nilai-nilai pancasila dalam pertahanan dan keamanan dilingkungan masyarakat dengan cara ditandai dengan adanya kegiatan ronda malam atau dikenal sistem keamanan lingkungan yang melibatkan masyarakat secara bergantian. (KS)

Artikel ini dimuat untuk memenuhi tugas kuliah penulis. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa menghubungi penulis melalui email berikut ini [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

DISIPLIN POSITIF MULAI DARI RUMAH HINGGA KE SEKOLAH

Penulis : Nasruddin, S.HI - Mahasiswa Program Pascasarjana Manajemen...

PERAN GURU UNTUK SISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI

Oleh : Riska Harmelia – Mahasiswa Semester III Pendidikan...

Problem Based Blended Learning sebagai Bentuk Implementasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Oleh : Fahmi Yahya - Dosen Pendidikan Fisika Universitas Samawa, Mahasiswa...

PARADIGMA PENDIDIKAN PROGRESIF PROFETIK SEBAGAI PILAR PENDIDIKAN BERPENCIRI DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN GLOBAL

OLEH: SYAIFULLAH, S.Ag - Mahasiswa Program Pascasarjan Manajemen Inovasi...