Opini  

Peran Guru Dalam Supervisi Pendidikan

Peran Guru Dalam Supervisi Pendidikan
Penulis

Kabarsumbawa.com – Peran guru sebagai supervisor terkait dengan pemberian bimbingan dan pengawasan kepada peserta didik, memahami permasalahan yang dihadapi peserta didik, menemukan permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, dan akhirnya memberikan jalan keluar pemecahan masalahnya.

Keberadaan supervisi pendidikan memiliki peran penting dalam mengawasi, mengamati dan mengarahkan kinerja guru dalam membimbing anak didik menjadi insan yang berkualitas. Maka untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran maka diperlukanya supervisi pendidikan.

Peranan supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalisme guru di sekolah sangat besar, karena supervisi yang dilakukan kepala sekolah secara terus menerus dan kontinu dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Baca juga:  Tinjauan terhadap Potensi dan Tawaran Solutif

Prosedur Supervisi Manajerial

Prosedur supervisi manajerial meliputi pemantauan dengan mengisi instrumen dari pengawas dan penelaahan dokumen, pendampingan yang dilakukan oleh pengawas untuk peningkatan kinerja pengelolaan manajerial sekolah yang memiliki aspek Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Peserta Didik, Manajemen, Perpustakaan supervisi pembelajaran dan pengembangan profesionalisme guru supervisi penting sekali dilakukan oleh sekolah

Supervisi pembelajaran penting sekali dilaksanakan secara menyeluruh di sekolah dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Karena dengan supervisi dapat diketahui kelemahan-kelemahan yang terdapat di sekolah. Baik dari potensi pendidik dan tenaga kependidikannya, peserta didik ataupun lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi kualitas sekolah.

Baca juga:  Menakar Keunggulan Daya Saing (Competitiveness Advantages) Provinsi NTB dalam Menciptakan Potensi World Supply Chain

Mempelajari Supervisi

Supervisi pendidikan adalah satu elemen krusial dalam pendidikan yang mendorong perbaikan demi perbaikan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama. Supervisi juga bertujuan membangun kebersamaan dan kekompakan dalam melangkah sesuai target yang ditentukan. (KS)

Artikel di atas ditulis oleh Riadi (2020G1B011) mahasiswa Prodi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait artikel di atas, bisa menghubungi penulis melalui email berikut ini : Riiiadi09@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.