Sumbawa Upayakan Jadi Kabupaten ODF

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka mendorong pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Pemerintah Kabupaten Sumbawa tengah berupaya menjadi Kabupaten Open Defecation Free (ODF).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, M.Si., mengatakan, untuk mendapatkan status kabupaten ODF, maka, terdapat dua dari lima pilar STBM yang harus dipenuhi.

Pertama, Bebas Buang Air Besar (BBAB), yakni masyarakat tidak lagi Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Ke dua, meningkatnya kesadaran masyarakat mencuci tangan mengunakan sabun.

Terkait itu jelasnya, saat ini Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Kabupaten sedang berupaya mendorong seluruh Oreganisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar deklarasi Kabupaten ODF bisa dilakukan saat puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sumbawa ke-63 tanggal 22 Januari mendatang.

Baca juga:  Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

“Kita berharap mengejar kabupaten Sumbawa seluruh Desa sudah ODF, kita ingin kabupeten Sumbawa menyusul Kabupaten lain,” ungkap Junaidi yang juga Sekretaris Pokja AMPL Kabupaten.

Lanjutnya, pihaknya sudah bersurat kepada Pokja AMPL Provinsi untuk dilakukan verifikasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh Pokja AMPL Kabupaten selama ini. Dijadwalkan, Tim Pokja AMPL dari Provinsi akan turun melakukan verifikasi pada hari Kamis besok.

“Sampai hari ini semua desa kita sudah ODF. Tetapi penilaiannya apakah sudah benar atau tidak akan dilakukan verifikasi oleh Pokja AMPL Provinsi. Kita sudah sampaikan surat ke Pokja Provinsi, kita harapkan hari Kamis mereka hadir,” jelasnya.

Baca juga:  Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Lanjutnya, Tim Pokja AMPL Provinsi akan melakukan verifikasi di 20 desa yang dipilih secara acak dari masing-masing kecamatan. Diharapkan, semua berjalan sesuai harapan, sehingga deklarasi ODF bisa menjadi kado HUT Sumbawa ke 63.

“Kalau kamis bisa selsesai tim itu, maka sekitar hari jumat kita bisa dapat hasilnya. Mudahan semua yg kita lakukan. Kalau sukses, rekomendasinya memang benar, maka kita harapkan hadiah HUT Kabupeten Sumbawa untuk melakukan deklarasi. Sehingga kita sudah menyelsaikan 2 pilar dari 5 pilar STBM,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...