SEMARAK VI 2021 Sukses Digelar

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Tak banyak yang “mau” dan “mampu” tetap berproses dalam kegiatan, terobosan, dan agenda apa saja dalam masa pandemi seperti saat ini. Meski angka covid19 terus menunjukkan penurunan yang signifikan, namun sampai saat ini pemerintah belum mencabut edaran terkait pembatasan masyarakat berkegiatan dalam skala besar yang mengumpulkan massa. Pemerintah tetap menekankan agar kegiatan-kegiatan dapat dijalankan dengan mematuhi aturan yang berlaku serta taat protokol kesehatan.

Seperti halnya Karang Taruna Unter Bulaeng Desa Kerato Kecamatan Unter Iwes yang telah sukses menggelar SEhari bersaMA RAKyat (SEMARAK) VI kemarin pada Ahad, 26 Desember 2021. Kegiatan SEMARAK VI dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa yang diwakilkan kepada Camat Unter Iwes Evi Supiati, S.STP., M.Si. hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Sumbawa Mohamad Ansori, anggota Fraksi PAN DPRD Sumbawa Ida Rahayu, SP.

Turut hadir, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, komisioner KPU, Para Kepala Sekolah, siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa, TP PKK, ketua Karang Taruna SeKabupaten Sumbawa beserta anggota, Kepala Dusun, Ketua RT, RW, babinsa, bhabinkamtibmas, para siswa, remaja.

Mengawali pembukaan, persembahan tembang-tembang indah Bung Mance dan Bung Risvan dari Karang Taruna Unter Bulaeng, dilanjutkan dengan doa bersama dipimpin Ary Ady Sapoetra, S.Kep., Ners, berikutnya menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Karang Taruna, berikutnya laporan ketua panitia.

Ketua Panitia Yuwanda Pranata dalam laporannya menyebutkan bahwa SEMARAK VI 2021 kali ini dilaksanakan dengan muatan pelestarian budaya dan upaya edukasi pemenuhan hak anak dan remaja. Kegiatan dilaksanakan satu hari penuh dengan 2 item kegiatan yaitu lomba kesenian tradisional yaitu lomba ngumang dan lomba sakeco siswa SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dengan juri maestro Sakeco Arief Ariffianto Sanggar Seni Cinde Bulaeng dan Akim dari Sanggar 00.

Baca juga:  Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

Keduanya merupakan pengurus Dewan Kesenian juga. Berikutnya pada sore hari digelar Seminar Remaja bertajuk Merawat Masa Remaja dengan Efektif dengan pembicara kompeten dan handal di bidangnya.

Kemudian, Camat Unter Iwes Evi Supiati, S.STP., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi SEMARAK VI 2021 yang tetap dapat terselenggara meski di tengah pandemi covid19 dengan muatan dan nuansa yang berbeda setiap waktunya.

Ia berharap agar agenda-agenda Karang Taruna tetap berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah seperti ini dan seperti sebelumnya. Untuk agenda berikutnya dapat digelar di Taman Genang Genis seperti tahun-tahun sebelumnya jika telah lepas dari pandemi.

Menurutnya, Pemerintah Daerah juga Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Desa tentu saja memberi dukungan penuh pada Karang Taruna Unter Bulaeng Desa Kerato.

“Diketahui, bahwa Pemda mempunyai keterbatasan dalam melakukan banyak hal untuk masyarakat, Karang Taruna Unter Bulaeng mengambil bagian luar biasa dan tidak biasa di tengah keterbatasan banyak hal masyarakat karena dampak covid19. Semoga SEMARAK dan kegiatan lainnya akan lebih baik dan terus meningkat,” ungkapnya.

Hal sepura juga disampaikan oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kab Sumbawa Drs. Mohamad Anshori. Ia mengapresiasi kegitan yang diselenggaran oleh Karang Taruna Unter Bulaeng Desa Kerato itu.

“Saya atas nama pribadi dan lembaga mengucapkan selamat atas pelaksanaan SEMARAK VI 2021, semoga terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan mengingat SEMARAK telah menjadi salah satu program unggulan yang berhasil mengantarkan Karang Taruna Unter Bulaeng Desa Kerato sebagai Karang Taruna Teladan Berprestasi tingkat Nasional tahun 2018,” tandasnya.

Dijumpai di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Unter Bulaeng Adi Cipta, SH. mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu memberi dukungan baik moril maupun materiil, kepad Pemerintah Desa Kerato, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Daerah, segenap pendukung acara diantaranya Rumah Jilbab Sumbawa (RJS), Komunitas Seni Nagaru Pelat, OSIS Progresif SMANDA, Mance Salon, dan YOUTUBE Ulva Nalaraya, pimpinan dan anggota2 DPRD dan semua pihak lainnya, dan permohonan maaf jika terdapat kekurangan-kekurangan yang ke depannya menjadi PR untuk terus diperbaiki.

Baca juga:  MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Dijelaskan, tema SEMARAK VI tahun ini yaitu Karang Taruna Tonggak Utuh Wujudkan Indonesia Tangguh. Menurutnya, SEMARAK telah diselenggarakan sejak tahun 2016 silam dengan mengusung konsep bersama dalam satu frame dengan kegiatan bazar makanan, bazar produk-produk unggulan, pelayanan gratis, lomba permainan tradisional, cukur gratis, kelas ibu hamil dan kelas ibu balita gratis, lomba karaoke, pemutaran film, penanaman pohon, bazar kopi dan festival kopi, pemeriksaan kehamilan gratis, KB gratis, konsultasi kesehatan gratis, cukur gratis, mom and babykids spa (spa bayi dan balita gratis), dan lain-lain.

“SEMARAK tahun demi tahun berupaya terus memperbaiki konsep dan teknis untuk memberi manfaat bagi masyarakat Desa Kerato secara khusus, Unter Iwes dan Sumbawa secara umum,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa Kerato, M. Idham menyampaikan ucapan terima kasih dan syukur penuh kebanggaan kepada Karang Taruna Unter Bulaeng karena telah melaksanakan kegiatan inovasinya dengan begitu luar biasa di tengah banyaknya keterbatasan karena pandemi corona.

“Semoga kedepan Karang Taruna Unter Bulaeng dapat terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Desa Kerato khususnya dan lebih luas umumnya. Atas nama pribadi dan lembaga, saya mengucapkan selamat atas suksesnya SEMARAK VI 2021, semoga dapat terus bersinergi bersama-sama kami dalam membangun desa.” Pungkasnya. (KS/)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com -  Sebanyak 24 anggota Panitia Pengawas...

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...