Catatan Penting F-Gerindra Terhadap Ranperda APBD-P 2021

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fraksi Gerindra (F-Gerindra) DPRD Kabupaten Sumbawa menyampaikan catatan penting terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD-P Kabupaten Sumbawa tahun 2021. Catatan ini diharapkan menjadi indikator sebelum disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

 

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) F-Gerindra DPRD Sumbawa, Hamzah Abdullah, dalam sidang paripurna II, Kamis (16/09/2021) di kantor DPRD setempat.

 

Adapun hal-hal penting yang dimakdu yakni, terkait dengan pendapatan. Dijelaskan, secara keseluruhan pendapatan daerah Sumbawa mengalami penurunan sebesar 0,15%. Meskipun pendapatan asli daerah mengalami kenaikan 10,44%. Kenaikan ini bersumber dari BLUD RSUD Kabupaten Sumbawa, hasil penjualan peralatan dan mesin. Akan tetapi penurunan pajak daerah perlu dipertanyakan karena peningkatan retribusi daerah mengalami kenaikan. Belum lagi penurunan pada pendapatan transfer. Menurunnya pajak daerah menjadi perhatian pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah.

 

Terkait dengan hal itu, Fraksi Gerindra meminta kepada Bupati Sumbawa untuk lebih memaksimalkan dan mendorong potensi yang ada di Kabupaten Sumbawa dalam rangka peningkatan pendapatan daerah seperti pengelolaan sumber daya alam, mendorong peningkatan investasi daerah baik di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan sehingga diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja dan usaha bagi generasi muda dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki.

 

Disamping itu adalah hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisah, diantaranya deviden PT Bank NTB, PD BPR/LKP, Perusda Sabalong Samawa dan PDAM yang juga menjadi perhatian pemerintah dalam rangka memberikan devidennya bagi daerah.

 

Penurunan pendapatan daerah ini harus dapat disikapi dengan peningkatan kinerja pemerintah daerah dan menggali potensi daerah sebagai sumber pundi pundi pendapatan.

 

Catatan selanjutnya, terkait dengan belanja daerah. Semangat yang harus dimunculkan terkait dengan rancangan peraturan daerah Kabupaten Sumbawa tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 5 tahun 2020 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021. Adalah mengoptimalkan dukungan belanja yang lebih produktif pada sektor – sektor strategis, mengingat kita di hadapkan pada situasi yang dilematis karena di satu sisi kita ingin mewujudkan percepatan pembangunan di segala bidang namun disisi lain kita juga harus terus mengupayakan agar roda pemerintahan ini dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien.

Baca juga:  Proyek Peningkatan Jalan SJP Lito dan Penyaring - Labu Sawo Ditender

 

Untuk itu, Fraksi Gerindra meminta kebijakan pembangunan daerah harus singkron dengan kebijakan pembangunan nasional, sehingga kita mendapatkan keuntungan ganda. Pembelanjaan diarahkan kepada skala prioritas pembangunan yang selaras dengan pemerintah pusat. Strategi belanja ini akan mampu menyedot anggaran pusat sebagai kunci keberhasilan pembangunan.

 

Terkait hal lain, pada kesempatan ini Fraksi Gerindra meminta kepada Bupati Sumbawa untuk menjadi perhatian terkait dengan proses promosi dan mutasi aparatur sipil negara esslon iii dan iv yang akan dilakukan nantinya untuk dapat mengedepankan aturan yang berlaku, kompetensi dan etos kerja, bukan atas dasar pilihan pilkada lalu.

 

Menurut Fraksi Gerindra, hal ini penting, karena dikalangan ASN beredar istilah “mualaf” bagi ASN yang tidak memilih pasangan Mo-Novi. Maka, sangat penting, penempatan ASN sesuai dengan kemampuan tentunya dapat meningkatkan kinerja ASN dalam mewujudkan visi-misi sumbawa gemilang dan berkeadaban.

 

Disamping, Fraksi Gerindra mengusulkan dibentuknya komite investasi daerah sekaligus pengawasan dalam perencanaan capaian masukan dari sumber-sumber PAD dan evaluasi target supaya meningkatkan pad ditahun berikutnya dapat terealisasi.

 

Hal ini di mungkinkan jika mengacu pada UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan uu nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan.

 

Selanjutnya, Fraksi Gerindra menyampaikan beberapa catatan penting serta usul dan saran kepada pemerintah daerah sebagai berikut. Terkait pasar seketeng yang apabila terjadi hujan dapat menyebabkan banjir, hal ini disebabkan karena faktor drynase yang tidak berfungsi. Untuk itu Fraksi Gerindra meminta kepada bupati sumbawa untuk melakukan perbaikan karena sebentar lagi akan masuk musim hujan.

Baca juga:  Dorong Transformasi Digital, 150 Pegawai Pemkab Sumbawa Ikuti Pelatihan GTA

 

Kemudian, Fraksi Gerindra mempertanyakan terkait lahan pengganti Balai Benih Utama (BBU) sering pasca lokasi tersebut beralih fungsi menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

 

Fraksi Gerindra meminta kejelasan kepada bupati sumbawa terkait operasional pasar utan yang telah dibangun karena kondisi saat ini sangat memperihatinkan. Fraksi Gerindra meminta untuk dapat meningkatkan pad dengan melihat potensi yang ada khususnya di bidang perikanan, kelautan dan pariwisata. Terkait keberadaan puskesmas yang dibangun pada tahun 2019 di desa padasuka kecamatan lunyuk yang sampai saat ini belum mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, hal ini disebabkan karena alat kesehatan yang tidak memadai, sanitasi air tidak ada, atap bangunan bocor, ac ruangan tidak ada, dan paping blok dari pintu masuk juga tidak ada. Untuk itu kami fraksi partai gerindra meminta kepada pemerintah untuk segera membenahi, guna memperlancar proses pelayanan kepada masyarakat.

 

Diakhir pendangan umum Fraksi, mengajak semua pihak untuk turut serta mengawal proses pelaksanaan pemerintahan daerah di kabupaten sumbawa agar dapat berjalan sesuai dengan apa yang menjadi keinginan dan harapan kita bersama.

 

Disamping itu juga, penerapan protokol kesehatan terkait dengan mewabahnya virus covid 19, agar tetap menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar agar kita semua mampu memutus mata rantai penyebaran covid 19, selanjutnya fraksi gerindra berharap tanggapan dan respon positif pemerintah.

 

Semua kritik, saran dan rekomendasi terkaitrancangan peraturan daerah yang disampaikan ini, sesungguhnya merupakan upaya yang dilandasi niat yang tulus demiperbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...